Sistem Deteksi Banjir Dan Pintu Air Otomatis Menggunakan Raspberry Pi 3 Berbasis Website

Ana Hasanah, Sitti Ahmiatri Saptari, Dewi Lestari

Abstract


Bendungan merupakan pusat pantauan utama bagi warga Jakarta mengenai air banjir yang akan dikirimkan dari bendungan tersebut. Informasi yang lambat mengenai kiriman air tersebut menyebabkan Jakarta sering mengalami banjir secara tiba-tiba hingga menimbulkan kerugian karena masyarakatnya tidak sempat untuk mengevakuasi barang-barang berharga mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kerugian dari banjir kiriman adalah dengan memberikan informasi dini sebelum terjadinya banjir. Penelitian yang dibuat kali ini bertujuan untuk memberikan informasi dini mengenai banjir kiriman yang dapat diakses melalui website dengan cara membangun alat pendeteksi yang dirancang pada Raspberry Pi 3 dengan menggunakan  dua buah sensor yaitu sensor HCSR-04 sebagai pengukur ketinggian air dan Motor Servo sebagai pengatur pintu air otomatis. Penelitian menghasilkan karakteristik sensor HCSR-04 dengan ketelitian 99.4% dan motor servo 00. Sistem ini memiliki kecepatan respon rata-rata 2 detik dari Raspberry Pi hingga ke website. Dengan adanya website ini masyarakat dapat mengetahui status ketinggian air dan waktu pembukaan pintu air secara realtime sebelum banjir memasuki wilayah mereka.

Keywords


HCSR-04, Motor Servo, MySQL, Raspberry Pi 3, Website

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin. “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Ketinggian Air Sungai Sebagai Peringatan Dini Banjir Berbasis Arduino Nano” journal of electrical technology Vol.3, No.3, 2018.

Pratomo, Dicka Yoga., Adel Silvia Handayani dan R.A. Halimatussa’diyah. “Sistem Peringatan Dini Banjir Menggunakan Mikrokontroller Raspberry Pi 3”, Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, Pp.110-115 2019

Halliday, David & Robert Resnick. “Fisika Edisi Ketiga Jilid 1”, Jakarta: Erlangga, 1998.

Sukandi, Agus dan Budi Santoso. “Aplikasi Instrumentasi Ultrasonik Pada Pengujian Sifat Mekanik Logam”, Jurnal Politeknologi, Vol.12, No.2, Pp.119-125, 2013.

Bhatt, Mahesh Chandra., Dharmendra Sharma, & Ashish Chauhan. “Smart Dustbin for Efficient Waste Management”, International Research Journal Of Engineering And Technologi, Vol 06, Issue 07, Pp.967-969, 2019.

Abdillah, Muhammad Izzan., Denny Darlis dan Rizki Ardianto P. “perancangan dan implementasi perangkat pengukur jarak dengan sistem VLC pada sepeda motor untuk komunikasi antar kendaraan”, E-Proceeding of Applied Science, Vol.5, No.1, Pp.267-279, 2019.

Kurniawan, Asep. “Alat Bantu Jalan Sensorik Bagi Tunanetra”, Journal Of Disability Studies, Vol.6, No.2, Pp. 285-312, 2019.

Barrie, Maria. W. H., Arie. S. M. Lumenta dan Anneke Wowor. “Perancangan Aplikasi SMS GATEWAY Untuk Pembuatan Kartu Perpustakaan Di Fakultas Teknik Unsrat”, E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, Vol.4, No.1, Pp. 23-28, 2015.

Kadir, Abdul. 2001. “Dasar Raspberry Pi”. Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ana Hasanah, Sitti Ahmiatri Saptari, Dewi Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License