Penerapan Metode Fuzzy Model Tahani Dalam Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan

Fricles Sianturi, Roi Fanry Siahaan, Awaludin Fitra

Abstract


Sumber daya manusia di dalam suatu instansi atau organisasi perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kemajuan dan kualitas instansi ataupun perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan.  Pada hakikatnya kegiatan pembuatan keputusan dilatarbelakangi oleh adanya suatu masalah atau problem dalam usaha mencapai suatu tujuan tertentu. Pembuatan keputusan  ini bertujuan mengatasi atau memecahkan masalah yang bersangkutan sehingga usaha mencapai tujuan yang dimaksud atau dilaksanakan secara baik dan efektif. Selain itu, pembuatan keputusan dipandang sebagai usaha untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah yang terjadi.

 

Kenaikan jabatan merupakan suatu faktor yang sangat penting bagi perencanaan karir pegawai dan juga untuk meremajakan suatu posisi jabatan agar diduduki oleh seseorang yang mempunyai kriteria-kriteria yang cocok untuk menempati suatu jabatan yang diusulkan, seringkali proses kenaikan jabatan dan perencanaan karir pada instansi ataupun perusahaan hanya didasarkan pada faktor tertentu saja, yaitu tingkat pendidikan, lamanya waktu bekerja dan golongan. Namun pada kenyataannya pengambilan keputusan sering kali melibatkan aspek-aspek yang berupa himpunan samar (alamiah), sementara data hasil penilaian yang ada masih berupa nilai pasti (crisp). Hal ini tentunya akan memakan banyak waktu untuk mengonversi dari nilai pasti tersebut ke dalam himpunan samar apabila dilakukan secara manual.

 

Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan untuk kenaikan jabatan yang sesuai dengan apa yang diharapkan dari pihak perusahaan ataupun instansi. Dan seseorang yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dikarenakan masalah tersebut, maka perlu dirancang suatu sistem pendukung pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy database model tahani untuk membantu dalam kenaikan jabatan di Kantor Kelurahan Tualang Perbaungan. Semoga dengan adanya aplikasi sistem pendukung keputusan kenaikan jabatan  ini, diharapkan dapat membantu untuk pengambilan keputusan atau sebagai rekomendasi untuk kenaikan jabatan pegawai di kantor Kelurahan Tualang Perbaungan.

 

Kata kunci: sistem, kenaikan, jabatan, fuzzy, database, tahani


References


Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi Offset, Yogyakarta, 2007

M. S. Fricles Ariwisanto Sianturi, “Kombinasi Metodesimpleadditiveweighting (Saw)Denganalgoritma Nearest Neighbor Untuk Rekruitmen Karyawan,” Mantik Penusa, vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019.

F. A. S. Siti Yulia Rahma, “Sistem Pendukung Keputusan Alokasi Anggaran Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Smp Negeri 3 Satu Atap,” SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 32–39, 2019.

Fricles Ariwisanto Sianturi, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Guru Dengan Model Profile Matching Pada Sekolah Sma Swasta Raksana Medan,” Mantik Penusa, vol. 18, no. 2, pp. 44–52, 2015.

F. A. Sianturi, B. Sinaga, P. M. Hasugian, T. Informatika, and S. Utara, “Fuzzy Multiple Attribute Decisison Macking Dengan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 63–68, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fricles Sianturi, Roi Fanry Siahaan, Awaludin Fitra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License