Rancang Bangun Jaringan Vlan Dengan Menggunakan Simulasi Cisco Packet Tracer

Ruhiat Susanto

Abstract


Pemanfaatan teknologi komputer pada era digital memiliki peranan yang sangat besar dalam dunia industry. Komputer yang telah diprogram memiliki kemampuan untuk melaksanakan berbagai macam pekerjaan sehingga dapat meringankan pekerjaan manusia menjadi lebih efisien dan efektif. Pemanfaatan komputer tidak hanya untuk dunia industry saja tetapi juga dalam dunia pendidikan penggunaan komputer sangat dibutuhkan. Dalam dunia pendidikan para peserta didik dari Sekolah Menengah Kejuruan dituntut untuk terus mengasa kemampuan agar memiliki kompetensi di bidangnya. Untuk mengasah kemampuan dari  peserta didik pihak penyelenggara pendidikan akan membuatkan suatu tempat khusus sebagai bahan praktek bagi peserta didik. Dalam pengadaan tempat praktek tersebut dibutuhkan suatu biaya yang sangat besar, apalagi jumlah jurusan yang ada disekolah lebih dari satu jurusan. Untuk dapat menghemat anggaran tersebut maka dibuatkanlah suatu jaringan VLAN. Pada penelitian ini akan melakukan perancangan jaringan VLAN dengan menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer sebagai media untuk mensimulasikan jaringan. Dengan aplikasi tersebut akan dirancang jaringan VLAN dengan membuat kelompok jaringan untuk LAB TKJ dan LAB MM dalam satu jalur.


Keywords


VLAN, Cisco Packet Tracer, Simulation

Full Text:

PDF

References


D. Irawan and Fatoni, “Optimasi Network Berbasis Multi VLAN (Virtual Local Area Network),” J. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 37–43, 2019.

A. Kurniawan, “Pengertian Jaringan Komputer,” 2019. [Online]. Available: https://www.gurupendidikan.co.id/jaringan-komputer/.

S. F. Fadillah, “Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area, Topologi dan Fungsinya,” 2019. [Online]. Available: https://www.nesabamedia.com/jenis-jenis-jaringan-komputer/.

Fitho, “Mengenal Jaringan LAN (Local Area Network),” 2019. [Online]. Available: https://www.ilmupengetahuan.co.id/mengenal-jaringan-lan/.

Rohiman, “MENGENAL JARINGAN KOMPUTER – PAN, LAN, MAN DAN WAN,” 2019. [Online]. Available: https://catatanteknisi.com/mengenal-jaringan-komputer-pan-lan-man-wan/.

I. Efendi, “Pengertian dan Macam-macam Topologi Jaringan Komputer,” 2018. [Online]. Available: https://www.it-jurnal.com/pengertian-dan-macam-macam-topologi-jaringan-komputer/.

A. C. Pamungkas, “Pengertian Topologi Ring,” 2019. [Online]. Available: https://www.mastekno.com/id/pengertian-topologi-ring/.

G. Saputra, “Topologi Star,” 2019. [Online]. Available: https://materibelajar.co.id/topologi-star/.

Rizki, “Topologi Mesh Pengertian, Ciri-ciri, Kekurangan, Kelebihan dan Contoh,” 2017. [Online]. Available: https://satujam.com/topologi-mesh/.

A. Deska, “Modul Cisco Packet Tracer,” 2016. [Online]. Available: https://anjardeska.files.wordpress.com/2016/02/modul-cisco-packet-tracer.pdf.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ruhiat Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License