Penerapan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pengembangan Pariwisata pada Kabupaten Langkat

Surya Hendra Putra, Evan Afri

Abstract


Penelitian ini berjudul Penerapan sistem informasi geografis berbasis web untuk pengambangan pariwisata pada kabupaten langkat, yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengenalkan potensi objek wisata yang terdapat pada kabupaten Langkat secara luas melalui aplikasi berbasis web. Dengan menggunakan aplikasi berbasis web, dan dilengkapi dengan metode GIS (Geografis Information System) maka promosi dari potensi objek wisata pada kabupaten langkat akan lebih luas. Tidak hanya dikenal di lokal namun juga dapat dikenal oleh keseluruh dunia. Dengan demikian dapat diyakini, bahwa dengan metode ini akan dapat meningkatkan jumlah wistawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara yang berkunjung ke Kabupaten langkat. Aplikasi dalam penelitian ini juga dilengkapi dengan peta digital dengan memanfaatkan google Maps API. Sehingga tampilan dari aplikasi web dapat menampilkan dengan jelas dan lengkap lokasi objek wisata. Data ini diambil dari database yang terdapat pada DBMS google. Dengan lengkapnya informasi yang disajikan maka diyakini aplikasi web ini dapat meningkatkan prospek jumlah wisatawan yang datang ke kabupaten Langkat. Terlebih lagi potensi wisata di Kabupaten langkat yang sangat menjanjikan. Salah satunya objek wisata yang paling diminati dan digemari oleh wisatawan domestik dan mancanegara adalah daerah Bukit Lawang yang memiliki penangkaran orang utan, yang merupakan hewan dilindungi dan hampir punah. Selain itu adalah objek wisata tangkahan yang dikenal dengan penangkaran Gajah.

Keywords


Informasi Wisata, GIS, Googlemaps Api, Kabupaten Langkat

Full Text:

PDF

References


M. Oris et al., Merdeka Kreatif di Era Pandemi Covid-19 Suatu Pengantar, no. August. 2020.

T. Rahayuningsih, E. K. S. H. Muntasib, and L. B. Prasetyo, “Nature Based Tourism Resources Assessment Using Geographic Information System (GIS): Case Study in Bogor,” Procedia Environ. Sci., 2016, doi: 10.1016/j.proenv.2016.03.087.

J. C. Kumaat, M. T. Lasut, and A. S. Wantasen, “Geographic Information System Applications for BeachTourism Area Determination in Bitung City,” J. Ilm. PLATAX, 2017, doi: 10.35800/jip.5.1.2017.14968.

E. Prahasta, “Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika) Edisi Revisi. Bandung: Informatika. Ema,” J. Chem. Inf. Model., 2014, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

S. H. Putra, “Perancangan Sistem Delivery Fastfood Berbasis Web Dengan Metode GIS (Geographic Information System),” REMIK (Riset dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komputer), vol. 3, no. 2, p. 52, 2019, doi: 10.33395/remik.v3i2.10113.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). 2017.

S. Irawan, A. Zowtler, J. T. Informatika, and P. N. Batam, “Aplikasi Wisata Batam Menggunakan Layanan Location Based Service Berbasis WebGis,” J. Tek. Inform., 2017.

I. M. P. Mertha, V. Simadiputra, E. Setyawan, and S. Suharjito, “Implementasi WebGIS untuk Pemetaan Objek Wisata Kota Jakarta Barat dengan Metode Location Based Service menggunakan Google Maps API,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v4i1.1486.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i1.2891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Surya Hendra Putra, Evan Afri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License