SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA AWAL PENYAKIT AKIBAT VIRUS PADA ANAK BERBASIS MOBILE DENGAN FORWARD CHAINING

Mhd Ridhon Ritonga, Solikhun Solikhun, Muhammad Ridwan Lubis, Agus Perdana Windarto

Abstract

Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan knowledge, fakta dan penalaran untuk memecahkan masalah yang hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar. Virus adalah salah satu penyakit yang rentan dialamin anak-anak karena sistem kekebalan pada tubuh belum terbangun secara sempurna. Sebahagian besar orangtua tidak mengenali gejala penyakit pada tubuh anak yang timbul diakibatkan infeksi virus. Sistem pakar dibuat untuk mendiagnosa gejala awal penyakit akibat virus anak yang disebabkan oleh infeksi virus. Proses diagnosa dimulai dengan cara user menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa gejala yang diderita oleh pengguna. Alasan penelitian ini dilakukan karena keterbatasan dokter dan banyaknya pasien anak-anak yang butuh penanganan dini terhadapat gejala penyakit awal yang disebabkan oleh virus. Alat bantu berupa sistem pakar ini merupakan solusi dimana sistem mampu bertindak sebagaimana layaknya seorang pakar. Sistem pakar ini berbasis mobile sehingga dapat diakses kapanpun dan di manapun oleh pengguna selama mereka terhubung dengan internet dan handphone. Hasil dari penelitian dapat memberikan pertolongan kepada orangtua terhadat anak-anaknya untuk mendiagnosis gejala awal yang dialamin oleh penderita sebelum ditanganin oleh ahlinya, sehingga orang tua dapat melakukan tindakan yang tepat.

Full Text:

PDF

References

Heri, H. Nasution, and H. S. Pratiw, “Diagnosis Penyakit Akibat Infeksi Virus Certainty Factor” pp. 1–6, 2003.

D. W. Ningtyas and A. Wibowo, “Pengaruh Kualitas Vaksin Campak Terhadap Kejadian Campak Di Kabupaten Pasuruan,” J. Berk. Epidemiol., vol. 3, no. 42, pp. 315–326, 2015.

Kementerian Kesehatan RI, “Situasi Imunisasi Di Indonesia,” Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. pp. 1–11, 2016.

C. H. Mubarok, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anak Yang Disebabkan Virus Berbasis Web,” pp. 2–6.

M. Silmi, E. A. Sarwoko, and Kushartantya, “Sistem Pakar Berbasis Web Dan Mobile Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining” J. Masy. Inform., vol. 4, no. 7, pp. 31–38, 2011.

A. P. Windarto, L. S. Dewi, and D. Hartama, “Implementation of Artificial Intelligence in Predicting the Value of Indonesian Oil and Gas Exports With BP Algorithm,” Int. J. Recent Trends Eng. Res., vol. 3, no. 10, pp. 1–12, 2017.

N. Jarti and R. Trisno, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Alergi Pada Anak Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining” J. Edik Inform., vol. 3, no. 2, pp. 197–205, 2017.

Anik, Maryunani. (2010). Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan.(cetakan 1), Jakarta : TIM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.