Rancang Bangun Monitoring Sirkulasi Air pada Kolam Ikan Nila Berbasis Arduino

Muhammad Syaifudin, Mutaqin Akbar

Abstract


Nila merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia untuk berbagai keperluan seperti dengan penjualan yang sangat menguntungkan. Ikan nila termasuk juga dalam ikan jenis air tawar yang memiliki nilai jual dan konsumsi yang tinggi. Sehingga dalam perawatannya banyak hal yang harus diperhatikan seperti kualitas air (pH), suhu air, ketinggian air. Penelitian ini menyajikan perancangan monitoring sirkulasi air pada ikan nila berbasis arduino dengan menggunakan smartphone sebagai alat untuk mengetahui kualitas air pada kolam ikan tersebut. Peralatan yang digunakan untuk penelitian ini seperti Arduino UNO, Sensor Ultrasonik SRF05 HY, Sensor Suhu Waterproof DS18B20, Sensor PH, kemudian ada software Arduino IDE sebagai pengolah program pada arduino dan aplikasi Blynk sebagai layanan pengontrol yang terhubung oleh internet dengan penggunaan smartphone untuk hasil monitoringnya. Proses kerja alat monitoring ini berguna mengetahui kondisi air. Ketika kualitas pH air <5pH maka  akan memberikan n otif “pH air terlalu asam”, >9 pH maka akan memberikan notif “pH air terlalu basa”. Jika kondisi suhu air >38°C maka akan memberikan notif “Awas, air mulai panas”. Dan jika kondisi ketinggian air <5 cm dari permukaan kolam maka akan memberikan notif “Awas air meluap” pada aplikasi blynk. Hasil yang didapat pada setiap pengukuran dari sensor memiliki kekurangan dan kelebihan, pengujian sensor yang dilakukan dengan menggunakan alat pembanding menghasilkan pembacaan sensor ultrasonik yang belum baik, pembacaan sensor PH yang belum baik, dan pembacaan sensor suhu yang mendapatkan hasil hampir sesuai dengan termometer dalam tingkat keberhasilannya.

Keywords


Arduino; Blynk; Ikan Nila; Kualitas Air; Sensor

Full Text:

PDF

References


A. W. Burage and H. D. Misalkar, " International Conference on Advances in Computer Engineering and Application (ICACEA)," Review of Internet of Things in Development of Smart Cities with Data Management & Privacy, pp. 189 -195, 2015.

S. L. Keoh, S. S. Kumar and H. Tschofeing, "IEEE INTERNET OF THINGS JOURNAL, VOL. 1, NO. 3," Securing the Internet of Things: A Standardization Perspective, pp. 265 - 275, 2014.

M. F. Wicaksono, Aplikasi Arduino dan Sensor, Bandung: INFORMATIKA, 2019.

M. Syafrullah and . C. Sutansyah S, "Jurnal TICOM Vol. 5 No.3," Aplikasi Monitoring Kebakaran Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO R3, Sensor Asap MQ-2, Sensor Suhu DS18B20, dan Sensor Api Flame Sensor, pp. 194 - 200, 2017.

H. R. Rukmana and H. H. Yudirachman, Sukses Budidaya Ikan NIla Secara Intensif, Yogyakarta: Lily Publisher, 2015.

S. F. Kadir, "(Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) Vol. 3 No. 1," Mobile IoT (Internet of Things) untuk Pemantauan Kualitas Air Habitat Ikan Hias pada Akuarium Menggunakan Metode Logika Fuzzy, pp. 298 - 305, 2019.

R. Pramana, " Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan," Perancangan Sistem Kontrol dan Monitoring Kualitas Air dan Suhu Air Pada Kolam Budidaya Ikan, pp. 13 - 23, 2018.

A. Indriani, Supriyadi, Y. Witanto and I. N. Anggraini, "Seminar Nasional Inovasi, Teknologi dan Aplikasi (SeNITiA)," Perhitungan Konsumsi Energi Listrik untuk Habitat Budidaya Ikan Kerapu melalui Pengontrolan Kadar Salinitas, Kekeruhan, PH, dan Temperatur Air , pp. 169 - 176, 2018.

A. E. Multazam and . Z. . B. Hasanuddin, "Jurnal IT Volume 8 No 2," Sistem Monitoring Kualitas Air Tambak Udang Vaname, pp. 118 - 125, 2017.

W. A. Prayitno, A. Muttaqin and D. Syauqy, "Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer," Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban, dan Pengendali Penyiraman Tanaman Hidroponik menggunakan Blynk Android, pp. 292 - 297, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Syaifudin, Mutaqin Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License