Sistem Prediksi Harga Produsen Padi Menggunakan Fuzzy Time Series

Adi Widarma, Yustria Handika Siregar

Abstract


Padi merupakan tanaman pangan yang memiliki peran penting demi terpenuhi nya kelangsungan hidup manusia. Tanaman padi adalah tanaman yang menghasilkan beras. Beras yang dihasilkan dari padi merupakan komoditas sektor pertanian memberikan tujuan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat pedesaan khususnya para petani melalui peningkatan dan pemerataan pendapatan. Salah satu pendapatan yang dinikmati yaitu harga dari produsen padi. Harga produsen padi adalah harga yang diterima petani padi dari suatu komoditas pertanian yang dihasilkan petani produsen sebelum memasukkan biaya transportasi dan pengepakan ke dalam harga penjualan nya. Harga produsen petani dapat diartikan sebagai harga pada farm gate yaitu harga transaksi di sawah/kebun/ladang/kolam/tambak setelah pemetikan atau panen. Peramalan/prediksi harga padi ditingkat produsen memainkan peranan penting dalam sektor  pertanian kelompok padi karena bermanfaat untuk memaksimalkan keuntungan dam meminimalkan resiko. Adapun tahapan metode yang digunakan dalam penelitian prediksi harga produsen padi menggunakan sistem fuzzy time series yaitu tahap perumusan masalah dan tujuan, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, tahap implementasi, dan tahap pengujian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Sumatera Utara. Dalam penelitian ini populasi dipakai adalah harga produsen kelompok padi (Rp/100 Kg) jenis Gabah Kering Panen (GKP) kualitas ciherang di Kabupaten Serdang Bedagai sedangkan sampel yang diambil untuk data penelitian ini adalah data harga produsen kelompok padi jenis Gabah Kering Panen (GKP) kualitas ciherang kabupaten Serdang Bedagai pada interval bulan Januari sampai Desember selama 3 tahun dari tahun 2015 sampai 2017. Dari pengujian tersebut, berdasarkan hasil perhitungan MAPE dapat disimpulkan bahwa nilai selisih paling kecil terjadi pada bulan Maret tahun 2016 sebesar 0,258 % sedangkan nilai selisih paling besar terjadi pada bulan Agustus tahun 2017 sebesar 11,28 %. Hasil proses perhitungan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) adalah sebesar 3,41%.

Keywords


Prediksi, Harga Produsen, Fuzzy Time Series

Full Text:

PDF

References


T. R. Damanaik, L. Sihombing, and S. N. Lubis, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Jual Gabah Petani Di Serdang Bedagai (Studi Kasus: Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan),” J. Soc. Econ. Agric. Agribus., vol. 2, no. 6, pp. 1–7, 2013.

J. H. Saragih, Statistik Harga Produsen Sektor Pertanian Di Provinsi Sumatera Utara. Medan: Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara, 2018.

A. H. Malian, S. Mardianto, and M. Ariani, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi, Konsumsi dan Harga Beras serta Inflasi Bahan Makanan,” J. Agro Ekon., vol. 22, no. 2, p. 119, 2017.

M. Adi, P. Hutabarat, M. Julham, A. Wanto, P. Algoritma, and M. Produksi, “Penerapan Algoritma Backpropagation Dalam Memprediksi Produksi Tanaman Padi Sawah Menurut Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara,” SemanTIK, vol. 4, no. 1, pp. 77–86, 2018.

G. Ramadhona, B. D. Setiawan, and F. A. Bachtiar, “Prediksi Produktivitas Padi Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 12, pp. 6048–6057, 2018.

T. Sutoto, E. Mulyanto, and V. Suhartono, Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Suyanto, Artifikal Intelligence Searching Reasoning Planning Learning. Bandung: Informatika, 2011




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i1.3135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adi Widarma, Yustria Handika Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License