Rancang Bangun Aplikasi E-Voting dengan Fitur Video sebagai Media Pengenalan Calon Kandidat Ketua Organisasi Fakultas Teknik UHAMKA (TechVote)

Estu Sinduningrum, Nisa Apriliyani

Abstract


Kemajuan teknologi informasi telah membawa masyarakat untuk melakukan perubahan pada sistem voting. Voting kini dapat digunakan melalui media elektronik yang disebut dengan E-voting. Sebelumnya teknologi mobile smartphone berbasis android dengan aplikasi layanan pemilihan sudah pernah dilakukan untuk pembuatan E-voting, namun pada aplikasi sebelumnya masih terdapat kekurangan seperti tampilan, informasi maupun fitur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menambahkan fitur video pada aplikasi e-voting dan mengembangkan aplikasi e-voting yang sudah ada sebelumnya agar lebih baik lagi baik secara fitur, tampilan maupun informasi. Khususnya pada pemilihan ketua kelembagaan yang ada di UHAMKA Fakultas Teknik yang masih dilakukan dengan cara konvensional. Dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan beberapa fase yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi dan pengujian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aplikasi e-voting dengan menambahkan fitur video, komentar video, jadwal pemilihan, validasi akun, aktivasi dan status akun user, menu profile, dan menu contact person. Sehingga menghasilkan aplikasi e-voting yang lebih baik dari sebelumnya dengan rata-rata hasil pengujian sebesar 91.25% yang menyatakan aplikasi ini telah ideal untuk digunakan.

Keywords


voting, pemilihan ketua kelembagaan, aplikasi e-voting, metode waterfall, video

Full Text:

PDF

References


M. T. A. Zaen and R. Putra, “Aplikasi Voting Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Pada Ma Nurul Ihsan Nw Tilawah Berbasis Web,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, p. 43, 2018, doi: 10.36595/misi.v1i2.48.

S. Risnanto, “Aplikasi Pemungutan Suara Elektronik / E-Voting Menggunakan Teknologi Short Message SRisnanto, Slamet. ‘Aplikasi Pemungutan Suara Elektronik / E-Voting Menggunakan Teknologi Short Message Service Dan At Command.’ Jurnal Teknik Informatika 10, no. 1 (2018),” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 17–26, 2018, doi: 10.15408/jti.v10i1.6811.

O. Cetinkaya and D. Cetinkaya, “Verification and validation issues in electronic voting,” Electron. J. e-government, vol. 5, no. 2, pp. 117–126, 2007.

R. Prananda, H. Anra, and H. S. Pratiwi, “Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Berbasis Android (Studi Kasus : Pemilihan Ketua Organiasi di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura),” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 17–21, 2017.

N. S. Dwi Hosanna Bangkalang, “Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika,” Sitech, vol. Vol. 2, no. 1, 2019.

N. R. Aulia, E. Sinduningrum, and A. M. Hilda, Pengembangan Aplikasi Mobile Vote Berbasis Android untuk Umum, vol. 3. 2019.

J. T. Pendidikan, F. I. Pendidikan, and U. N. Malang, “Assesment/analysis,” no. 1, pp. 229–236, 2018.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.

G. Developer, Android Developer Fundamentals Course - Concept Reference. 2016.

F. Ayu and N. Permatasari, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Devisi Humas Pt. Pegadaian,” Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 12–26, 2018.

R. Inggi, Y. Prayudi, and B. Sugiantoro, “Penerapan System Development Life Cycle (Sdlc) Dalam Mengembangkan Framework Audio Forensik,” semanTIK, vol. 4, no. 2, pp. 193–200, 2018, doi: 10.5281/zenodo.2528444.

R. M. B. Santoso, T. Sagirani, and J. Lemantara, “Perancangan User Interface Marketplace UKM Batik Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” J. JSIKA, vol. 7, no. 5, pp. 1–9, 2018.

H. Sulistyanto and A. SN, “Urgensi Pengujian pada Kemajemukan Perangkat Lunak dalam Multi Perspektif,” KomuniTi, vol. 6, no. 1, pp. 65–74, 2017.

A. Febtriko and I. Puspitasari, “Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.36341/rabit.v3i1.419.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Estu Sinduningrum, Nisa Apriliyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License