Analisa Model Pemanfaatan Jaringan Komputer Yang Efektif untuk Peningkatan Produktivitas pada Jaringan LAN Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Indah Purnama Sari, Fatma Sari Hutagalung, Budi Kurniawan Hutasuhut

Abstract


Kemajuan teknologi informasi pada saat ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan, kecepatan dan keakuratan dalam memperoleh informasi. Jaringan komputer sebagai suatu bentuk teknologi komputer dan komunikasi yang penggunaanya atau pemanfaatannya tanpa memandang status sosial, usi dan jenis kelamin. Jaringan komputer secara garis besar terbagi atas dua jenis teknologi transmisi, yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point. Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan untuk memakai bersama resource dan saling bertukar informasi. Dalam hal ini untuk mendapatkan pemanfaatan jaringan komputer yang efektif untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan menyesuaikan pada kebutuhan yang ada. Adapun caranya dengan mempertimbangkan kecepatan transfer data dan infrastruktur bangunan yang ada sebagai ukuran dalam memilih teknologi transmisinya.


Keywords


Jaringan Komputer; Teknologi Transmisi; Local Area Network (LAN);

Full Text:

PDF

References


Eddy Nursasongko. 2006. Ilmu Komputer. Semarang. Udinus.

Moechammad Sarosa dan Sigit Anggoro. 2000. JARINGAN KOMPUTER Data Link, Network & Issue. Bandung: ITB Elektro Teknik.

Harry Prihanto. 2008. Membangun Jaringan Komputer. (Pengenalan Hardware dan Topologi Jaringan) harry@istecs.org http://www.istecs.org/~harry.

Stefanus St. 2008. Bahan-bahan Kuliah Jaringan Komputer. Semarang: PPS-Udinus.

Karren, R., 2015. he Internet of Things : An Overview Understanding the Issues and Challenge of a More Connected World, Geneva, Switzerland: Internet Society.

Paykin, J., Krishnaswami, N. R. & Zdancewic, S., 2016. The Essence of Event-Driven Programming. Leibniz, Leibniz International Proceedings in Informatics.

Chandra, F., Arifianto, D. 2011. Jago Rangkaian Elektronika Rangkaian Sistem Otomatis. Jakarta Selatan: PT Kawan Pustaka.

Kadir, Abdul.,(2012). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i1.3229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indah Purnama Sari, Fatma Sari Hutagalung, Budi Kurniawan Hutasuhut

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License