Komparasi Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (Electre) dan K-NN Similarity dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Jurusan Siswa SMK

Aji Setiawan, Aditha Artanti

Abstract


Penjurusan bidang oleh siswa SMK merupakan sesuatu yang penting karena hal tersebut akan menentukan masa depan siswa. Penentuan jurusan yang tepat merupakan salah satu isu yang harus dipecahkan, sehingga kesalahan dalam menentukan jurusan tidak sering terjadi. Variabel dalam menentukan jurusan disesuiakan dengan kemampuan akademik dan nilai tiap siswa, tujuan penjurusan ini yaitu agar siswa bisa terarah dalam menerima pelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibangun sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan siswa SMK, metode yang digunakan adalah satu metode pengambilan keputusan multi kriteria berdasarkan pada konsep Outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai yaitu metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (Electre) dan metode KNN Similarity untuk membandingkan hasil kesesuaian jurusan untuk siswa. Hasil dari pengujian dari 2 metode tersebut menunjukan bahwa penggunaan KNN lebih baik dibanding electre terbukti bahwa KNN menghasilkan akurasi 75% dan presisi 66%, sedangkan penggunaan algoritma electre menghasilkan akurasi 75% dan presisi 50%.

Keywords


KNN, sistem pendukung keputusan (SPK), algoritma electre, klasifikasi kategori

Full Text:

PDF

References


W. Fauzi, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Dana Rutilahu dengan Menggunakan Metode Electre,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2016 (SENTIKA 2016), 2016.

L. Marlinda, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT WISATA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE ELimination Et Choix Traduisan La RealitA (ELECTRE),” Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnastek, 2016.

S. Akshaerari and U. Wijayanti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produksi Sepatu Dan Sandal Dengan Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realité (Electre),” J. EurekaMatika, 2013.

I. dan A. Mutiara, “Penerapan K-Optimal Pada Algoritma Knn Untuk Prediksi Kelulusan Tepat Waktu Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Fmipa Unlam Berdasarkan Ip Sampai Dengan Semester 4,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., 2015.

S. AULIA, S. HADIYOSO, and D. N. RAMADAN, “Analisis Perbandingan KNN dengan SVM untuk Klasifikasi Penyakit Diabetes Retinopati berdasarkan Citra Eksudat dan Mikroaneurisma,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., 2015.

A. Deviyanto and M. D. R. Wahyudi, “PENERAPAN ANALISIS SENTIMEN PADA PENGGUNA TWITTER MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), 2018.

A. Powell-Morse, “Waterfall Model: What Is It and When Should You Use It?,” Airbrake, 2016. .

M. Fahmi Setiawan, Fatma Indriani, “Implementasi Metode Electre Pada Sistem Pendukung Keputusan SNMPTN Jalur Undangan,” Kumpul. J. Ilmu Komput., 2015.

“Penggunaan Metode Electre (Elimination Et Choix Traduisant La Realite) dalam Sistem Pendukung Keputusan Menu Makanan Sehat,” J. Tek. Elektro, 2015.

W. Yustanti, “Algoritma K-Nearest Neighbour untuk Memprediksi Harga Jual Tanah,” J. Mat. Stat. dan komputasi, 2012.

D. Z. Abidin, S. Nurmaini, and R. F. Malik, “Penerapan Metode K-Nearest Neighbor dalam Memprediksi Masa Studi Mahasiswa ( Studi Kasus : Mahasiswa STIKOM Dinamika Bangsa ),” Pros. Annu. Res. Semin., 2017.

I. W. Saputro and B. W. Sari, “Uji Performa Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa,” Creat. Inf. Technol. J., 2020.

R. J. Wieringa, “Entity-Relationship Diagrams,” in Design Methods for Reactive Systems, 2007.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aji Setiawan, Aditha Artanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License