Penerapan Data Mining Untuk Rencana Penambahan Stok Produk Menggunakan Algoritma Apriori

Ike Verawati, Mahendra Wishnu P

Abstract


Data mining adalah suatu metode yang memungkinkan para pengguna untuk mengakses data secara cepat atau menggali data yang tersembunyi dari sebuah data yang besar. Sebagai contoh, data mining dapat digunakan untuk mencari informasi kombinasi item dalam suatu penjualan, menentukan penerimaan kelayakan bantuan, memprediksi prestasi pada siswa, dll. Penerapan data mining sangat bermanfaat bagi suatu perusahaan atau lembaga yang ingin melakukan analisa data yang sangat besar, Karena penggunaan data mining bagi suatu perusahaan mampu menganalisa secara cepat, tepat dan akurat.Toko Rianni merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang ritel yang mana perusahaan ini harus memenuhi kebutuhan konsumen setiap harinya. Maka dari itu pihak toko dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan rencana penambahan stok produk sehingga dapat meninggkatkan strategi penjualan. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan, pihak toko dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai apa saja produk yang sering banyak terjual pada toko rianni. Untuk mengetahui produk yang banyak terjual, dapat digunakan aturan assosisasi, yaitu teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item dengan menggunakan algoritma apriori akan menghasilkan pola kombinasi item dan rule. Hasil dari analisa ini akan memudahkan pihak toko dalam rencana penambahan stok produk pada toko rianni, sehingga dapat meninggkatkan strategi pemasaran.

Keywords


Data Mining, Apriori, stok, produk

Full Text:

PDF

References


Novia Lestari, “PENERAPAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI DALAM SISTEM INFORMASI PENJUALAN,” J. Edik Inform., vol. 3, no. 2, pp. 103–114, 2017.

K. Tampubolon, H. Saragih, and Bobby Reza, “IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PERSEDIAAN ALAT-ALAT KESEHATAN,” Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 93– 106, 2013.

Ulvah, “Implementasi Algoritma Apriori Aturan Keterkaitan Data Untuk Analisa Keranjang Belanja Sistem Persediaan Obat Pada Apotek Perdos Farma Makassar,” J. Instek (Informatika Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 231–240, 2018, [Online]. Available:

F. Nurchalifatun, “Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok Kopi,” Data Min., 2015.

I. M. D. P. A. A.A. Gede Bagus Ariana, “Analisis Keranjang Belanja Dengan Algoritma Apriori Pada Perusahaan Retail,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., pp. 2–4, 2013.

I. G. Ayu, S. Melati, I. G. Ayu, and D. Saryanti, “Perancangan Data Mining dalam Analisis Asosiasi Kuantitatif Pembelian Item Barang dengan Metode Apriori,” pp. 29–37, 2014.

G. A. Syaripudin and E. Faizal, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Obat,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 10–14, 2017, doi: 10.26798/jiko.2017.v2i1.56.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–127, 2018, doi: 10.15408/jti.v9i2.5602.

C. Adiwihardja, N. Hardi, and W. Widyastuty, “Implementasi Data Mining Penjualan Kosmetik Pada Toko Zahrani Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 11, no. 2, pp. 1–7, 2019.

A. -, F. Marisa, and D. Purnomo, “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016, doi: 10.31328/jointecs.v1i1.408.

S. R. Siregar, “IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: Jumbo Travel Medan),” vol. 1, no. Juli, pp. 152–156, 2014.

A. S. Sujana, Manajemen Minimarket. Jakarta: Raih Asa Sukses, 2012.

Kusrini and E. T. Luthfi, Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

E. Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ),” no. August 2013, pp. 71–83, 2013.

R. I. E. Saragih and H. Sembiring, “Penerapan Algoritma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Kecurangan Skripsi,” J. Tek. Inform., no. November, 2017.

A. Akmal, “Penerapan Market Basket Analysis (MBA) pada Data Transaksi Supermarket,” 2019. https://medium.com/@akmalabdillah/penerapan-market-basket-analysis- mba-pada-data-transaksi-supermarket-458a83e6fd96 (accessed Jun. 27, 2020).

A. Salam, J. Zeniarja, W. Wicaksono, and L. Kharisma, “Pencarian Pola Asosiasi Untuk Penataan Barang Dengan Menggunakan Perbandingan Algoritma Apriori Dan FP- Association Pattern Mining For Product Arrangement Using Comparison Between Apriori Algorithm And FP- Growth ( Case Study At Epo Store Distribution Stor,” vol. 23, no. 2, pp. 57–65, 2018.

A. Adelheid and K. Nst, Buku Pintar Menguasai PHP MySql. Jakarta: Mediakita, 2012.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.3884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ike Verawati, Mahendra Wishnu P

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License