Analisis Sentimen Produk Permainan menggunakan Metode TF-IDF dan Algoritma K-Nearest Neighbor

Rifki Kosasih, Anggi Alberto

Abstract


Pada situs belanja online, terdapat kolom komentar atau rating dari pembeli yang telah melakukan transaksi pada produk tersebut. Dengan adanya fitur penilaian produk berdasarkan rating tersebut, pihak pembeli dapat mengetahui seberapa baik atau buruknya produk tersebut. Akan tetapi muncul permasalahan dimana ada beberapa pembeli memberikan komentar negatif dengan rating sebesar lima bintang ataupun sebaliknya, hal tersebut menyebabkan fitur penilaian produk berdasarkan rating menjadi kurang baik. Oleh karena itu untuk dapat mengetahui kualitas produk tersebut dilakukan analisis sentimen dengan metode TF-IDF dan K-Nearest Neighbor (KNN) berdasarkan ulasan dari pembeli. Data yang dikumpulkan adalah 1000 ulasan yang dibagi menjadi 700 data latih dan 300 data uji. Tahapan selanjutnya dilakukan teks preprocessing seperti case folding (mengubah huruf besar menjadi kecil), tokenizing (pemisahan kalimat menjadi kata tunggal), stopword (menghilangkan kata sambung hasil tokenizing yang tidak ada hubungannya dalam analisis sentimen),  stemming (mengubah kata ke bentuk kata dasar) dan pembobotan kata dengan TF-IDF. Tahapan terakhir adalah melakukan klasifikasi dengan menggunakan metode K Nearest Neighbor (K-NN). Berdasarkan hasil klasifikasi diperoleh tingkat akurasi sebesar 79,3333%.

Keywords


Analisis Sentimen; TF-IDF; KNN; Case Folding; Tokenizing

Full Text:

PDF

References


Y. Kurniawan, S. E. Hiererra, H. Nicholas, J. Setiawan, and Frendy, “The Effect Of Indonesian E-marketplace Reputation On Customer Trust In Online Shopping,” JATIT, vol. 98, no. 03, pp. 505–516, 2020.

S. Rahayu, Kusrini, and H. Sismoro, “Sentimen Analisis Review Pengguna Marketplace Online Menggunakan Naive Bayes Classifier,” J. Inform. Interaktif, vol. 3, no. 3, pp. 181–186, 2018.

E. H. Muktafin, Kusrini, and E. T. Luthfi, “Analisis Sentimen pada Ulasan Pembelian Produk di Marketplace Shopee Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,” J. Eksplora Inform., vol. 10, no. 1, pp. 32–42, 2020, doi: 10.30864/eksplora.v10i1.390.

D. Pratmanto, R. Rousyati, F. F. Wati, A. E. Widodo, S. Suleman, and R. Wijianto, “App Review Sentiment Analysis Shopee Application In Google Play Store Using Naive Bayes Algorithm,” J. Physic Conf. Ser., vol. 1641, pp. 1–7, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1641/1/012043.

D. A. Muthia, “Analisis Sentimen Pada Review Restoran Dengan Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 2, no. 2, pp. 39–45, 2017.

C. Fiarni, H. Maharani, and R. Pratama, “Sentiment Analysis System for Indonesia Online Retail Shop Review Using Hierarchy Naive Bayes Technique,” in International Conference on Information and Communication Technologies (ICoICT), 2016, pp. 212–217.

A. Indriani, “Klasifikasi Data Forum dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2014, pp. 5–10.

F. V. Sari and A. Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online JD.id Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon,” SIMETRIS, vol. 10, no. 2, pp. 681–686, 2019.

Normah, “Naïve Bayes Algorithm For Sentiment Analysis Windows Phone Store Application Reviews,” J. Publ. Informatics Eng. Res., vol. 3, no. 2, pp. 13–19, 2019.

F. Nurhuda, S. W. Sihwi, and A. Doewes, “Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Calon Presiden Indonesia 2014 Berdasarkan Opini dari Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” J. ITSMART, vol. 2, no. 2, pp. 35–42, 2013.

B. Herwijayanti, D. E. Ratnawati, and L. Muflikhah, “Klasifikasi Berita Online dengan menggunakan Pembobotan TF-IDF dan Cosine Similarity,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 306–312, 2018.

R. Melita, V. Amrizal, H. B. Suseno, and T. Dirjam, “Penerapan Metode Term Frequency Inverse Document Frequency (Tf-Idf) Dan Cosine Similarity Pada Sistem Temu Kembali Informasi Untuk Mengetahui Syarah Hadits Berbasis Web (Studi Kasus: Hadits Shahih Bukhari-Muslim),” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 149–164, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i2.8623.

Murni, R. Kosasih, A. Fahrurozi, T. Handhika, I. Sari, and D. P. Lestari, “Travel Time Estimation for Destination In Bali Using kNN-Regression Method with Tensorflow Travel Time Estimation for Destination In Bali Using kNN- Regression Method with Tensorflow,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 854, no. 012061, pp. 1–7, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/854/1/012061.

M. M. Sya’bani and R. Umilasari, “Penerapan Metode Cosine Similarity dan Pembobotan TF / IDF pada Sistem Klasifikasi Sinopsis Buku di Perpustakaan Kejaksaan Negeri Jember,” J. Sist. Teknol. Indones., vol. 3, no. 1, pp. 31–42, 2018.

R. T. Wahyuni, D. Prastiyanto, and E. Supraptono, “Penerapan Algoritma Cosine Similarity dan Pembobotan TF-IDF pada Sistem Klasifikasi Dokumen Skripsi,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 18–23, 2017, doi: 10.15294/jte.v9i1.10955.

R. Kosasih, “Kombinasi Metode Isomap dan KNN Pada Image Processing Untuk Pengenalan Wajah,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 166–170, 2020.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.3893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rifki Kosasih, Anggi Alberto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License