Analisa Sistem Kendali Pemanfaatan Raspberry Pi sebagai Server Web untuk Pengontrol Arus Listrik Jarak Jauh

Indah Purnama Sari, Al-Khowarizmi Al-Khowarizmi, Ismail Hanif Batubara

Abstract


Sekarang ini penggunaan arus listrik yang digunakan oleh perusahaan, industri dan masyarakat meningkat pesat pemakaiannya. Bangunan, gedung dan industri terkadang perangkat listriknya masih menyala sampai pagi meskipun jam kerja sudah berakhir. Hal ini dikarenakan masyarakat lalai dalam mematikan perangkat elektronik. Pengendalian peranti elektronik yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan menyalakan dan mematikannya melalui saklar manual, sehingga membatasi upaya masyarakat untuk melakukan penghematan energi listrik. Dengan demikian diperlukan adanya solusi agar dapat menghemat adanya energi tersebut. Hasil penenlitian yang dilakukan adalah suatu sistem kendali pengontrol arus listrik jarak jauh dengan menggunakan raspberry pi dan server web. Prinsip kerja dari sistem ini yaitu pengendalian peranti elektronika dari jarak jauh pada sebuah bangunan melalui website local yang diakses menggunakan jaringan internet. Karena menggunakan internet maka diperlukan server web yang berfungsi sebagai server untuk mengontrol perangkat tersebut. Perancangan ini berupa perancangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database.

 

Kata Kunci : Server WEB, Raspberry Pi, Elektronika, Internet, PHP, Database.


Keywords


Server WEB, Raspberry Pi; Elektronika; Internet; PHP; Database

Full Text:

PDF

References


Albert D, dan Henry H, 2014. “Pembuatan Web Server Berbasis Raspberry Pi Untuk Kontrol AC”, Jurnal Ilmiah Mahsiswa Universitas Surabaya Vol. 3 No.1. Surabaya.

Dias P, Widyawan, Selo, dan Sigit B. W, 2013. “Pengembangan Perangkat Lunak Gateway untuk Home Automation Berbasis IQRF TR53B Menggunakan Konsep CGI”, SESINDO.

Achmad R, 2013. “Perancangan Web Server Menggunakan Bahasa Pemrograman Phyton 2.3”. Makalah Seminar Tugas akhir. Universitas Diponegoro Semarang.

Ignatius P.H.P, Saptadi. N, dan Darmawan. U. “Penggunaan Raspberry Pi Sebagai Web Server Pada Rumah Untuk Sistem Pemantauan Suhu”. Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol 13 No 1 April 2014.

Farid A, 2015. “Perancangan Prototype Web-Based Online Smart Home Controlled By Smartphone”. Jurnal Seminar Tugas akhir, Universitas Diponegoro.

Narendra D P, 2014. “Sistem Monitoring Ruangan Serta Kontrol Lampu Menggunakan Smartphone Android dengan Media Komunikasi Jaringan Wi-Fi”. Jurnal Tugas Akhir. FTEK-UKSW.

Rizki P. 2013. “Desain Sistem Kendali Lampu Pada Rumah Dengan Mini Web Server AVR”. Jurnal ELTEK Vol 11 Nomor 1 April 2013.

Indrawan. “Prototype Kontrol Lampu Berbasis Android Dengan Pengingat Via SMS”. Jurnal Ilmiah Tugas Akhir STIMIK GI MDP Palembang.

Gema A.D, “Implementasi Sistem SMS Gateway untuk Kendali Air Conditioner”. Jurnal Reka Elkomika Vol 1 No 2 Februari 2013.

D. Kurnianto. “Perancangan Sistem Kendali Otomatis Pada Smart Home Menggunakan Modul Arduino Uno”. Jurnal Nasional Teknik Elektro Vol 5 No 2. Juli 2016.

Purnomo, Vinsensius Rahmat Setyo, “Sistem Pengendali Peralatan Elektronik Serta Pemantauan Suhu Ruangan Berbasis Mikrokontroller Dengan Media Komunikasi Jala-Jala”. FTEK-UKSW. Salatiga,2013.Eddy Nursasongko. 2006. Ilmu Komputer. Semarang. Udinus.

E. Oesnawi, “Perancangan Sistem Pengontrolan Lampu

dan AC yang terintegrasi Secara Nirkabel erbasis Low

Cost dan Low Power Radio Frequency”. Jurnal Tugas

akhir. Teknik Elektro. Surabaya 2013.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.3929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indah Purnama Sari, Al-Khowarizmi, Ismail Hanif Batubara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License