Analisa Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kosentrasi Matakuliah Pilihan menggunakan Metode Topsis

Budi Kurniawan Hutasuhut, Ismail Hanif Batubara, Indah Purnama Sari

Abstract


Matakuliah pilihan juga merupakan matakuliah yang penting, karena pengetahuan dari matakuliah pilihan dapat membantu mahasiswa dalam matakuliah lainnya, skripsi bahkan dalam pekerjaan kedepannya. Maka dari itu, penentuan matakuliah pilihan tidak boleh sembarangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu sistem pendukung keputusan berbasis Web untuk membantu mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dalam menentukan matakuliah pilihan yang akan dipilih menggunakan metode Technique for Order Performance of Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). TOPSIS mempunyai prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan mempunyai jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Sistem yang dihasilkan dapat membantu mahasiswa dalam memilih matakuliah pilihan dengan menggunakan kriteria seperti tingkat kesulitan, referensi, lapangan pekerjaan, minat dan bakat. Hasil akhir dari sistem ini adalah lembar hasil perhitungan yang nilai preferensinya telah diurutkan dari yang tertinggi ke terendah. Alternatif dengan nilai tertinggi adalah matakuliah yang direkomendasikan untuk dipilih. Untuk kasus mahasiswa semester IV matakuliah pilihan berdasarkan rangking adalah Data Mining, Perancangan Sumber Daya Perusahaan, dan Pengolahan Citra Digital.

 

Kata Kunci : Matakuliah Pilihan, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Topsis


Keywords


Matakuliah Pilihan; Sistem Pendukung Keputusan; Metode Topsis

Full Text:

PDF

References


A. P. Fadillah and B. Hardiyana, “Penerapan naïve bayes classifier untuk pemilihan konsentrasi mata kuliah,” Jati, 2018.

A. P. Fadillah and B. Hardiyana, “Classification of Subject Concentration using Algorithm C4.5,” in INCITEST- IOP conference series : Science & Engineering, Bandung, 2018.

Y. S. Nugroho, “DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI KELULUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO,” 2014.

S. L. B. Ginting and R. P. Trinanda, “TEKNIK DATA MINING MENGGUNAKAN METODE BAYES CLASSIFIER UNTUK OPTIMALISASI PENCARIAN PADA APLIKASI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS : PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PASUNDAN – BANDUNG),” JATI : Jurnal Teknologi dan Informasi UNIKOM, vol. Volume 1 No 6, 2014.

A. Suryadi and D. Nurdiana, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN NBC (NAÏVE BAYES CLASSIFIER),” KINETIK, Vols. Vol 1, No. 3, no. ISSN : 2503-2259; E-ISSN : 2503-2267, pp. 173-182, 2016.

Darussalam and A. P. Fadillah, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEREKOMENDASIKAN CABANG BARU PADA OUTLET RESTO BMC,” in Prosiding

Seminar Teknik Informatika Unpad, Bandung, 2018.

R. A. S. and M. S. , Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Objek, Bandung: Penerbit Informatika, 2013.

Kusrini, Algoritma Data Mining, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

E. d. Turban, Decicion Support Systems and Intelligent Systems, Andi Offset, 2005.

I. C. Gumilang, D. S. M. and A. R. S. , “PREDIKSI PERSEDIAAN OBAT DENGAN METODE NAÏVE BAYES (STUDI KASUS : APOTEK SAPUTRA),” PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA, FAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA, Surakarta, 2014.

E. Prasetyo, Data Mining konsep dan Aplikasi menggunakan MATLAB, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

Suyanto, Buku Data Mining untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data, Bandung: Penerbit Informatika, 2017.

A. P. Fadillah, “Penerapan Metode CRISP-DM untuk Prediksi Kelulusan Studi Mahasiswa Menempuh Mata Kuliah (Studi Kasus Universitas XYZ),” JUTISI, vol. VOL. 1, pp. 260-270, 3Desember 2015.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.3930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Budi Kurniawan Hutasuhut, Ismail Hanif Batubara, Indah Purnama Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License