Media Pembelajaran Gangguan Pendengaran NIHL (Noise Induced Hearing Loss) Berbasis Android

Durrun Nada Amarylis, Evanita Evanita, Aditya Akbar Riadi

Abstract


Media pembelajaran gangguan pendengaran Noise Induced Hearing Loss (NIHL) berbasis android adalah media pembelajaran yang menyampaikan pembelajaran mengenai gangguan pendengaran NIHL dalam bentuk aplikasi android dan dalam penyampaian materinya menggunakan animasi 3D yang dibuat menggunakan metode perancangan multimedia development life cycle (MDLC). Pada media pembelajaran ini terdapat tiga menu yaitu menu deskripsi, video player, dan kuis. Pada menu deskripsi berisi penjelasan mengenai anatomi telinga, agar pengguna memahami bagian-bagian dari telinga terlebih dahulu sebelum mengerti materi tentang gangguan pendengaran NIHL. Pada menu video player digunakan sebagai penyampaian materi dalam bentuk video animasi 3D. Dan menu kuis untuk mengasah pemahasan pengguna tentang gangguan pendengaran NIHL. Pada pengujian media pembelajar dengan menggunakan angket (kuesioner) terhadap 20 responden menghasilkan rata-rata pada variabel desain sebesar 87%, kemudahan 88,5%, dan efisien 88% dengan rata-rata keselurahan 87,8%. Dapat disimpulkan bahwa responden sangat setuju dengan keseluruhan sistem media pembelajaran gangguan pendengaran NIHL berbasis android dan sistem ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords


Media Pembelajaran; NIHL; 3D; Android

Full Text:

PDF

References


D. Mayasari and R. Khairunnisa, “Pencegahan Noise Induced Hearing Loss pada Pekerja Akibat Kebisingan,” J Agromed Unila, vol. 4, no. 2, pp. 354–360, 2017.

N. Primadewi, P. W. Kandhi, and Z. Z. Azizah, “Hubungan antara lama paparan bising terhadap gangguan pendengaran pada instruktur drum,” Oto Rhino Laryngol. Indones., vol. 48, no. 2, p. 134, 2019, doi: 10.32637/orli.v48i2.275.

T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.

A. M. Korompis, R. E. C. Tumbel, and S. K. Mengko, “Kesehatan Telinga di Sekolah Dasar Negeri 11 Manado,” e-CliniC, vol. 6, no. 1, 2018, doi: 10.35790/ecl.6.1.2018.19503.

Khairunnisa and D. R. Yusian, “Pembuatan Pemodelan Tata Ruang 3 Dimensi Gedung Shopping Center Pasar Aceh,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 23–30, 2018.

S. Ezzay and B. Rasta, “Pemodelan 3D THT ( Telinga , Hidung , dan Tenggorokan ) pada Media Pembelajaran Sains Menggunakan Blender 3D,” 2018.

Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” J. Mikrotik, vol. 8 No. 1, no. 1, p. 5, 2018.

R. Supriatna, “Implementasi Dan User Acceptnace Test ( UAT) Terhadap Aplikasi E-Learning,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2018.

S. Ulum, E. Supriyati, and T. Listyorini, “Iklan Layanan Masyarakat Bertahan Menghadapi Pandemi Covid-19,” J. Dialekt. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 32–37, 2021, doi: 10.24176/detika.v1i2.5845.

B. A. B. Implementasi and D. A. N. Pengujian, “Bab 4. implementasi dan pengujian,” pp. 27–49, 2012.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.4084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Durrun Nada Amarylis, Evanita Evanita, Aditya Akbar Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License