Prototipe Pengamanan RSA untuk Dokumen Borang Program Studi

Aji Setiawan, Nenda Fitriana, Mitchell Marcel

Abstract


Cryptography adalah suatu ilmu ataupun seni mengamankan pesan, dan dilakukan oleh cryptographer. data-data yang diamankan meliputi beberapa aspek seperti aspek keamanan pesan seperti kerahasiaan, integritas data, serta otentikasi. Salah satu algoritma kriptografi yang sering digunakan dalam proses pengamanan data yaitu algoritma RSA. RSA adalah salah satu algoritma yang menggunakan konsep kriptografi kunci publik (asimetri / kunci yang digunakan untuk mengenkripsi berbeda dengan yang digunakan untuk mendekripsi). Penelitian ini membahas penggunaan algortima RSA untuk membangun sebuah prototipe sistem pengamanan dokumen pada jurusan teknologi informasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa algoritma RSA dapat diterapkan untuk pengamanan dokumen penting berdasarkan studi kasus di universitas.

Keywords


RSA Algorithm, Cryptography, UML

Full Text:

PDF

References


Z. L. Ping, S. Q. Liang, and L. X. Liang, “RSA encryption and digital signature,” in Proceedings - 2011 International Conference on Computational and Information Sciences, ICCIS 2011, 2011.

L. S. Reddy, “RM- RSA algorithm,” J. Discret. Math. Sci. Cryptogr., 2020.

I. Gunawan, “Kombinasi Algoritma Caesar Cipher dan Algoritma RSA untuk pengamanan File Dokumen dan Pesan Teks,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), 2018.

S. Susanto and A. A. Trisusilo, “PENERAPAN ALGORITMA ASIMETRIS RSA UNTUK KEAMANAN DATA PADA APLIKASI PENJUALAN CV. SINERGI COMPUTER LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., 2018.

I. R. Munir, “Algoritma RSA dan ElGamal,” Kriptografi, 2010.

A. Powell-Morse, “Waterfall Model: What Is It and When Should You Use It?,” Airbrake, 2016.

P. Handayani and A. Setiawan, “Perancangan Sistem Informasi Warga Bintara Jaya berbasis Android dengan Waterfall Software Development Life Cycle,” J. Inform. J. Pengemb. IT, 2019.

Y. Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,” Int. J. Eng. Technol., vol. 2, no. 5, pp. 2049–3444, 2012.

R. J. Wieringa, “Entity-Relationship Diagrams,” in Design Methods for Reactive Systems, 2007.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i2.4263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aji Setiawan, Nenda Fitriana, Mitchell Marcel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License