Pengembangan Aplikasi Monitoring Armada Pengangkutan Sampah Di Kota Stabat dengan Teknologi GPS Berbasis Mobile

Sudirman Sudirman, Dewantoro Lase

Abstract


Pemasalahan sampah menjadi masalah yang belum terselesaikan dengan baik. Dengan bertambahnya jumlah penduduk di suatu kota berbanding lurus dengan produksi sampah yang dihasilkan. Jika proses pengangkutan sampah tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan penumpukan sampah pada Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang sudah disediakan. Untuk itu perlu dilakukan pengawasan dalam proses pengangkutan sampah dari TPS sampai dengan Tempat Pemerosesan Akhir (TPA). Pengelolaan sampah harus semakin diperhatikan karena berhubungan dengan kesehatan dan dampak kualitas lingkungan. Dengan semakin berkembangnya teknologi diperlukan adanya perubahan dan pengembangan terhadap proses pengangkutan sampah ke arah yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi informasi. Aplikasi Monitoring Armada Pengangkutan Sampah dengan Teknologi GPS Berbasis Mobile menjadi pilihan agar sebuah sistem dapat di akses dimana saja. Dengan adanya Aplikasi monitoring armada pengangkutan sampah ini diharapkan dapat membantu armada pengangkut sampah dalam memberikan laporan tekait proses pengangkutan dan juga memudahkan instansi terkait dalam melakukan pengawasan proses pengangkutan sampah. Metodologi yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi monitoring armada pengangkutan sampah ini adalah metodologi waterfall dimana proses yang dilakukan dimulai dari pendefinisian requirement, design application, implementation sampai proses system testing, aplikasi yang akan dibangun berbasis mobile aplikasi dengan flatform android, yang memanfaatkan teknologi GPS (Global Position System) dan Google Map untuk memetakan rute perjalanan armada pengangkut sampah

Keywords


Aplikasi Mobile; Monitoring; Pengangkutan Sampah; GPS

Full Text:

PDF

References


[ 1 ] Widiastuti, N. A., & Tamrin, T. (2020). Penerapan Aplikasi Mobile Location Based Service Untuk Persebaran Usaha Mikro Kecil Menengah Dikabupaten Jepara. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 11(1), 271-278.

[ 2 ] Harjono, L. A., Santoso, L. W., Andjarwirawan, J., & Lim, R. (2020). Implementasi Web Service Integrasi Data Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan SISTER Ristekdikti dengan Metode REST. Jurnal Infra, 8(2), 12-18.

[ 3 ] Kreger, H. 2001. Web Services Conceptual Architecture (WSCA 1.0)

[ 4 ] Budiman, M. A., Harefa, A. Z., & Shaka, D. V. (2020). Perancangan Sistem Pelacak Gps Dan Pengendali Kendaraan Jarak Jauh Berbasis Arduino. Proceeding SENDIU.

[ 5 ] Setiaji, A. (2020). Aplikasi Pencarian Bengkel Terdekat Menggunakan Location Based Service (Lbs)(Studi Kasus: Bengkel Motor Klaten) (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).

[ 6 ] Purnia, D. S., Rifai, A., & Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. Prosiding Semnastek.

[ 7 ] Febriana, K., Wahjuni, S., & Ismayana, A. (2019). Optimasi Distribusi Truk Pengangkut Sampah Menggunakan Algoritma Genetika Pada Sistem Pengelolaan Sampah Kota Bogor. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 29(3).

[ 8 ] Singo, T. S., Katili, M. R., & Suhada, S. (2021). Sistem Informasi Monitoring Kenderaan Pengangkut Sampah di Kabupaten Gorontalo. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 1(1), 94-101.

[ 9 ] Mahendra, I., & Yanto, D. T. E. (2018). Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web (Studi Kasus: Bank Bri Unit Kolonel Sugiono). J. Teknol. Dan Open Source, 1(2), 13-24.

[ 10 ] Saputra, K., Harahap, N. H., & Sitorus, J. S. (2020). Analisis Transportasi Pengangkutan Sampah di Kota Medan Menggunakan Dynamic Programming. Jurnal Informatika, 7(2), 126-130.

[ 11 ] Saragih, R. I., Pangaribuan, R. R., Naomi, T. C., Sitepu, G., Siregar, D., Sibarani, Y. L., ... & Pinem, E. M. (2020). Perancangan Desain User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Jasa Pengangkutan Sampah Trash Care. Methomika: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 4(1), 47-55.

[ 12 ] Ramlah, U. H., Agustine, D., Soleh, O., & Syam, S. (2020). Monitoring Volume & Ritase Pengangkutan Sampah Pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(1), 60-65.

[ 13 ] Kai, H. N., Sompie, S. R., & Sambul, A. M. (2018). Aplikasi Layanan Pengangkutan Sampah Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 13(4).

[ 14 ] Badan Standardisasi Nasional. “Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan”. 2002.

[ 15 ] Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat “Laporan Jakstrada Triwulan I 2020”. 2020




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.4441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sudirman Sudirman, Dewantoro Lase

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License