Performance Comparison TCP Variant pada Model Jaringan Wired

Naufal Faiz Alfarizi, Bambang Sugiantoro

Abstract


Pada dasarnya, TCP (Transmission Control Protocol) merupakan protokol jaringan komputer yang terletak pada lapisan transport layer yang memiliki sifat reliable dan end to end dalam pengiriman paket pada jaringan, Sehingga data yang mengalir dapat dibaca oleh penerima paket sebagai TCP receiver tanpa duplikasi dan berurutan. TCP menyediakan layanan flow control yang memiliki fungsi untuk memastikan pengirim paket sebagai TCP sender tidak mengirimkan paket lebih cepat daripada yang dapat ditampung oleh TCP receiver. Varian TCP yang digunakan dalam penelian ini merupakan TCP Tahoe, TCP Reno dan TCP sack dengan menggunakan metode antrian Random Early Detection dan Droptail pada model jaringan wired. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian menggunakan parameter packet delivery ratio, throughput, end to end delay dan packet drop TCP Sack memiliki kinerja yang lebih baik dengan mengungguli pada parameter packet delivery ratio dan packet drop menggunakan antrian Random Early Detection dan Droptail sedangkan, TCP Reno ternyata juga memiliki kinerja yang lebih baik dengan mengungguli pada parameter nilai throughput dan end to end delay yang lebih rendah dari variant lainnya.

Keywords


TCP, tahoe, reno, sack.

Full Text:

PDF

References


J. F. Kurose and K. W. Ross, Computer networking: a top-down approach, 6th ed. Boston: Pearson, 2013.

G. W. Pamungkas, W. Yahya, and H. Nurwarsito, ‘Analisis Perbandingan Kinerja TCP Vegas Dan TCP New Reno Menggunakan Antrian Random Early Detection Dan Droptail’, p. 10.

D. Oleh, ‘ANALISIS PERBANDINGAN UNJUK KERJA TCP RENO DAN TCP VEGAS PADA JARINGAN KABEL’, p. 62, 2016.

D. Oleh and A. C. Gumilang, ‘PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA’, p. 73, 2017.

H. Kaur and D. G. Singh, ‘TCP Congestion Control and Its Variants’, p. 10.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i2.4801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Naufal Faiz Alfarizi, Bambang Sugiantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License