Penerapan Internet of Things Pada Kursi Pintar Menggunakan Arduino Uno Berbasis Android

Mega Susanti, Diki Daryanto, Rizki Wifra, Angga Pranata, M. Khairul Anam, Esi Tri Emerlada

Abstract


Permasalahan lingkungan hidup yang sering menjadi sorotan yaitu masalah sampah, mulai dari masalah sampah industri, sampah perkantoran, sampah pusat perniagaan, sampah pasar tradisional, sampah fasilitas publik hingga sampah rumah tangga. Sampah terbagi menjadi beberapa golongan yaitu sampah organik dan non-organik. Perhatian khusus harus lebih diberikan dalam pengelolahan sampah atau limbah non-organik untuk dapat diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat. Salah satu solusi pengelolahan sampah berupa kursi pintar akupuntur berbasis android yang memanfaatkan teknologi IoT (Internet of Things). Kursi pintar yang akan terhubung dengan android sebagai pengatur kecepatan yang akan dihasilkan dan mengatur bagian yang bergerak. Selain menjadi solusi dalam pengelolahan limbah ban bekas yang jarang dimanfaatkan, kursi pintar ini juga menjadi solusi untuk pengobatan alternatif akupuntur. Proses pengobatan alternatif akupuntur yang menekan titik-titik tertentu pada tubuh menggunakan jarum. Namun, pada kursi pintar akan mengganti jarum dengan ban bekas sebagai pengganti jarum yang menjadi solusi untuk seseorang yang fobia terhadap jarum tetapi ingin mendapatkan manfaat dari pengobatan akupuntur.

Keywords


Limbah; Ban Bekas; IoT (Internet of Things); Akupuntur; Jarum

Full Text:

PDF

References


H. A. Addahlawi, “Implementasi Prinsip Good Environmental Governance Dalam Pengelolaan Sampah Di Indonesia,” Bina Huk. Lingkung., vol. 4, no. 2, p. 279, 2019.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, “Komposisi Sampah,” Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://www.menlhk.go.id/.

M. A. Njib, “BETON NORMAL DENGAN MENGGUNAKAN Oleh : Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Jakarta Semen Portlad tipe I merk Tiga,” vol. 225, pp. 95–102, 2014.

B. Neuman, “The neuman systems model in research and practice,” Nurs. Sci. Q., vol. 9, no. 2, pp. 67–70, 1996.

M. Isnoviana, “Tanggung Jawab Dari Tanggung Gugat Hukum Pengobatan Alternatif Akupuntur,” Perspektif, vol. 11, no. 2, p. 148, 2006.

Supriyanto, Ismanto, and N. Suwito, “Zeolit Alam Sebagai Katalis Pyrolisis Limbah Ban Bekas Menjadi Bahan Bakar Cair,” vol. 2, no. 1, pp. 15–21, 2019.

M. L. Rochman, “Mini Review : Potensi Limbah Ban Menjadi Bahan dan Produk yang Berguna Mini Review : Potential of Scrap Tires for Useful Material and Products,” vol. 9, no. 1, 2019.

A. F. Falaah, A. Cifriadi, and D. R. Maspanger, “Pemanfaatan hasil pirolisis limbah ban bekas sebagai bahan pelunak untuk pembuatan barang jadi karet,” vol. 31, no. 2, pp. 149–158, 2013.

A. E. E. Putra, “Produksi Bahan Bakar Ramah Lingkungan Melalui Proses Pirolisis Limbah Ban,” J. Penelit. Enj., vol. 20, no. Vol 20 No 2 (2016), pp. 26–31, 2016.

Hasnah and D. Ekawati, “Pengaruh Terapi Akupunktur Pada Pasien Hipertensi Di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar,” vol. 1, pp. 41–46, 2016.

K. Arifin, S. Utami, and S. R. Dewi, “Pengaruh Terapi Akupuntur Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Pengaruh Terapi Akupuntur Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Ambulu Kabupaten Jember,” 2015.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i2.5091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mega Susanti, Diki Daryanto, Rizki Wifra, Angga Pranata, M. Khairul Anam, Esi Tri Emerlada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License