Analisis Perhitungan Metode MOORA dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan di Toko Megah Gracindo Jaya

Ahmad Revi, Iin Parlina, Sri Wardani

Abstract

Sistem pendukung keputusan didefinisikan sebagai sebuah sistem yang dimaksudkan untuk mendukung para pengambil keputusan manajerial dalam situasi situasi tertentu. Sistem pendukung keputusan dimaksudkan untuk menjadi alat bantu bagi para pengambil keputusan untuk memperluas kapabilitas mereka, namun tidak untuk menggantikan penilaian mereka. Penentuan supplier merupakan kegiatan strategis, terutama apabila supplier tersebut akan memasok item yang penting dan akan digunakan dalam jangka panjang. Untuk mendapatkan bahan baku yang efektif dan efisien maka Megah Gracindo Jaya harus melakukan pemilihan supplier yang handal sesuai dengan kriteria yang dibutuhkann oleh perusahaan. Salah satu metode dalam pemilihan keputusan dalah metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis Atau biasa disingkat dengan metode MOORA. Metode MOORA adalah metode yang memiliki perhitungan dengan kalkulasi yang minimum dan sangat sederhana. Dari penelitian yang dilakukan dengan metode MOORA didapatkan bahwa A3 adalah supplier yang paling tepat.

Full Text:

PDF

References

S. Rokhman, I. F. Rozi, and R. A. Asmara, “Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan UKT Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode MOORA Studi Kasus Politeknik Negeri Malang,” J. Inform. Polinema, vol. 3, pp. 36–42, 2017.

Habibah Jayanti Damanik, I. Parlina, H. S. Tambunan, and E. Irawan, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Seleksi Penyiar Radio Boss FM 102.8 Pematangsiantar Menggunakan Metode ELECTRE,” Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Komput., vol. I, pp. 38–44, 2017.

Vita, E. S. Astuti, and R. A. Asmara, “PASKIBRAKA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS,” J. Inform. Polinema, pp. 51–55.

S. Sundari, A. Wanto, Saifullah, and Indra Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Electre Dalam Merekomendasikan Dosen Berprestasi Bidang Ilmu Komputer (Study Kasus di AMIK & STIKOM Tunas Bangsa),” Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu, pp. 1–6, 2017.

I. I. Alifatin, “Analisis Pemilihan Supplier Dengan Metode Analisis Hirarki Proses Pada Toko Pertanian dan Bangunan UD Mansur Jalan Raya Papar Pare Kediri,” Artik. Skripsi Univ. Nusant. PGRI Kediiri, pp. 1–15, 2016.

S. Widiyanesti, R. Setyorini, L. Cost, and Q. Respon, “No Title.”

M. Ashari and F. Mintarsih, “Aplikasi Pemilihan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar dengan Metode MOORA – Entropy,” J. Sist. Inf., vol. 5341, pp. 63–73, 2017.

L. Olivianita et al., “Sistem pendukung keputusan kelayakan hasil cetakan buku menggunakan metode moora,” no. 9.

A. Septi, R. Anggreani, H. Rotua, B. Hutapea, M. Syahrizal, and N. Kurniasih, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis ( MOORA ),” J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 61–65, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.