Penerapan Data Market Query (DMQ) pada Sistem Penilaian Berbasis Yii Framework

Qurotul Aini, Untung Rahardja, Anoesyirwan Moeins, Ayu Martha Wardani

Abstract

Di era digital / teknologi yang sangat pesat saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap manusia di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah penggunaan website yang membuat pekerjaan yang biasa dibuat manual diganti menjadi komputerisasi. Salah satu bidang yang terpengaruh dengan adanya perubahan tekhnologi ini adalah bidang Pendidikan. Salah satu penggunaan tekhnologi pada bidang pendidikan adalah pada bagian penilaian. Namun semakin besar suatu organisasi yang menggunakan suatu website maka semakin banyak pula user yang menggunakan. Hal ini dapat menyebabkan website menjadi semakin lambat karena pada saat akan menampilkan data harus terus membaca data baru yang dimasukkan. Terdapat 3 (tiga) Pemecahan masalah yang penulis jabarkan. Data Mart Query (DMQ) adalah sebuah sistem yang dapat digunakan agar suatu website dapat berjalan dengan lebih cepat, karena hanya membaca data pada last update saja, sehingga tidak akan teelalu lama dalam menampilkan data/informasi yang diinginkan oleh user. dengan menggunakan metode ini akan mendapatkan 3 (tiga) manfaat besar. Sedangkan Yii adalah kerangka kerja (Framework) open source berbasis php yang memiliki kinerja tinggi yang dapat digunakan untuk aplikasi web berskala besar.


Keywords

Data Mart Query (DMQ), Yii Framework, Sistem Penilaian

Full Text:

PDF

References

Untung, R. and Hidayati, M.N., 2011. Peningkatan Kerja Distributed Database Melalui Metode DMQ Base Level. Jurnal CCIT, 4.

Afrina, M., 2014. Penerapan Data Mart Penjualan Hypermarket XYZ Menggunakan Metode From Enterprise Models To Dimensional Models. Jurnal Sistem Informasi, 4(2).

Jatmika, K. and Cahyono, A., 2015. Rancang Bangun Data Mart dan Purwarupa Dashboard untuk Visualisasi Performa Akademik. SISFO, 5.

Mandala, E. P. W. (2016). PERANCANGAN DATA MART ADMINISTRASI KEUANGAN PEMBAYARAN UANG SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 PADANG. Jurnal TeknoIf ISSN 2338-2724, 4(1).

Warsito, A.B., Yusup, M. and Makaram, I., 2015. Perancangan SIS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal.

Sovia, R. and Febio, J., 2016. Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan Html, Php Script, Dan Mysql Database. JURNAL PROCESSOR, 6(2).

Rahardja, U., Wardoyo, R. and Badar, S., 2010, June. DATA MART QUERY (DMQ) SOLUSI MEMPERCEPAT DISPLAY DATA DALAM DISTRIBUTED DATABASE SISTEM. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Rahardja, U., Tejosuwito, N.J. and Armansyah, F.S., 2017. PERANCANGAN APLIKASI PEN+ BERBASIS MOBILE UNTUK MEMUDAHKAN KINERJA DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI. Technomedia Journal, 1(2), pp.51-62.

Rahardja, U., Aini, Q. and Enay, N., 2017. Optimalisasi Dashboard pada Sistem Penilaian Sebagai Media Informasi di Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 7(2), pp.167-176.

Kirana, C. P. PERANCANGAN DATA MART KEPEGAWAIAN PADA UNIT SUMBER DAYA MANUSIA (HUMAN RESOURCE) PT. GMF AEROASIA.

Aryani, D., Aini, Q. and Armansyah, F.S., 2017. Perancangan Android Package Mobile Web pada Sistem Penilaian di Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 7(2), pp.155-166.

Bakhtiar, R.Z., Riyadi, S. and Asroni, A., 2016. Implementasi Arsitektur Operational Data Store (ODS) dan Dimensional Data Store (DDS) dalam Pembangunan Data Mart Lulusan. Jurnal Semesta Teknika, 18(1), pp.55-64.

Aini, Q., Rahardja, U., & Allamiah, F. (2018). Perancangan Sistem Absensi Kinerja Pengabdian Tri Dharma secara Online pada Website Berbasis YII Framework. SISFOTENIKA, 8(1), 13-22.

Arohman, K., Prasetyo, E. and Riyadi, S., 2015. Pembangunan Sistem Metadata Sebagai Informasi Data dalam Pembuatan Data Mart pada Pangkalan Data Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Aini, Q., Rahardja, U., & Fatillah, A. (2018). Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native. SISFOTENIKA, 8(1), 47-56.

Ariansyah, A., & Josi, A. (2018). Pengembangan Framework Yii Dalam Pembangunan Sistem Inventaris STMIK Prabumulih Dengan Konsep User Centered Design (UCD). JURNAL INFORMATIKA: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 26-30.

Aini, Q., Rahardja, U., & Naufal, R. S. (2018). Penerapan Single Sign On dengan Google pada Website berbasis YII Framework. SISFOTENIKA, 8(1), 57-68.

Wijaya, R., & Pudjoatmodjo, B. (2015). 14. Pembangunan Data Mart Hasil Pertanian Menggunakan Tiga Domain (Studi Kasus di Dinas Pertanian Kabupaten Bandung). Jurnal Informatika, 10(2).

Rahardja, U., Tiara, K., & Rosalinda, I. A. (2016). Pemanfaatan Google Scholar Dan Citation Dalam Memenuhi Kebutuhan Pembuatan Skripsi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 1(1), 95-113.

Handayani, I., Aini, Q., & Oktaviani, F. (2016). PENERAPAN SISTEM VALIDASI JURNAL DI PESSTA+ SEBAGAI PENILAIAN ARTIKEL ILMIAH DALAM MENDUKUNG KEGIATAN CIVITAS AKADEMIKA. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(3), 177-190.

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 4-1.

Anggraeni, D. T., Mustikasari, M., & Wibawa, C. (2017). PERANCANGAN DATA MART PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ALAT PERKANTORAN BAJA. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, 21(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.