Sistem Informasi Pengawasan dan Konservasi Penyu di Balai Konservasi Pesisir Pantai Pangumbahan Kabupaten Sukabumi

Rusda Wajhillah, Agung Wibowo

Abstract

Penyu merupakan hewan dilindungi dan terancam punah (endangered spesies). Terpeliharanya wilayah pesisir pantai pangumbahan sukabumi agar selalu terjaga dengan baik, tidak langsung mendukung populasi penyu dan habitatnya. Permasalahan yang dihadapi saat ini dari sisi geografis adalah jarak (206 Kilometer) dan waktu tempuh (sekitar 8 jam) yang dibutuhkan setiap pelaporan pengelolaan konservasi penyu pantai Pangumbahan Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi konservasi dan pengawasan penyu di balai konservasi Pesisir Pantai Pangumbahan kab.Sukabumi berbasis web dan menerapkan aplikasi pelaporan berbasis android untuk petugas pemantau. Sistem informasi ini menerapkan pengukuran kualits perangkat lunak dalam COBIT untuk mendukung tatakelola dari penerapan teknologi informasinya. Data hasil pengolahan nilai kuesiner dapat disimpulkan bahwa nilai bobot aplikasi android sipenyu lebih unggul 3.2 poin (31.8-21.6) dan selisih nilai 21.4 poin dari total nilai dari keseluruhan faktor penilaian kualitas perangkat lunak. Manfaat langsung dari aplikasi pengawasan ini adalah mudahnya petugas konservasi dalam menginput data penyu yang mendarat dan penyu yang bertelur dari masing-masing petugas pos sesuai dengan kondisi sebenarnya

Keywords

Kualitas Perangkat Lunak; COBIT; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References

Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Direktorat Konservasi dan Taman Nasional Laut, "Pedoman Teknis Pengelolaan Konservasi Penyu," Jakarta, 2009.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, "Selayang Pandang Konservasi Penyu Taman Pesisir Pantai Pangumbahan," Kabupaten Sukabumi, 2016.

Kementerian Lingkungan Hidup - Republik Indonesia. Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. [Online]. http://www.menlh.go.id/pengelolaan-penyu-di-indonesia/

Jogiyanto Hartono Mustakini, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan. Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta, Indonesia: ANDI, 2005.

IEEE, "IEEE Standard Glossary of Software Engineering Technology," Institute of Electrical and Electronics Engineers, New York, IEEE Std 610.12-1990 1990.

P.K. Richards, G.F. Walters J.A. McCall, "Factors in Software Quality," US Department of Commerce, Tehnical Report RADC-TR-77-369 1977.

G. W. T.P. Bowen, Spesification of Software Quality Attributes: Software Quality Evaluation Guidebook. New York: Griffis Air Force Base, 1985.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.