Forensik Digital Metode RegEx (Regular Expression) dari Grab Google Search Api dalam Proses Pelacakan Terhadap Kejahatan Online

Nur Rochmah Dyah Puji Astuti, Fiftin Noviyanto, Dewi Soyusiawati

Abstract


Penipuan yang dilakukan melalui website dan blog merupakan kejahatan online yang marak terjadi. Saat ini proses pelaporan masyarakat masih dilakukan dengan mengisi form laporan, sedangkan untuk proses pelacakan dari data laporan masih menggunakan cara mengunjungi website secara satu-persatu, sehingga tidak efektif, maka dilakukan penelitian yang menghasilkan proses dan alur sistem pelacakan kejahatan online dengan memanfaatkan Metode Regex  (Regular  Expression) Dari Grab Google Search Api. Proses  pelacakan menggunakan metode RegEx  (Regular Expression) yang merupakan suatu notasi fleksibel dan ringkas untuk mencari dan menggantikan pola teks. Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Tahap analisa proses pelacakan dilanjukan perancangan alur proses pelaporan dan perancangan alur sistem. Dirancang Prototyping halaman pelaporan yang menggunakan metode regex. Hasil penelitan berupa alur sistem pelacakan dengan menerapkan metode RegEx dari grab google search untuk melacak website dan blog dengan keyword berupa alamat website dan nomor handphone. Alur sistem baru lebih mengefektifkan sisi waktu proses pencarian situs penipuan yang di-index oleh google. Masyarakat dapat mengetahui antara website terpercaya dengan website yang dibuat oleh penipu, sehingga masyarakat akan lebih berhati-hati terhadap penipuan.

 


Keywords


Metode Regex (Regular Expression), Grab Google Search Api, proses pelacakan.

Full Text:

PDF

References


Didik Dwi Prasetyo. 2008. 101 Tip & Trik Pemrograman Php, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Diminikus Juju dan Feri Sulianta. 2010. Hitam Putih Facebook, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Feri Sulianta. 2008. Komputer Forensik, PT Elek Media Komputindo, Jakarta

Lorna Mitchell, dkk. 2011. PHP MAster: Write Cutting-edge Code, United States, SitePoint

Jia Liu and Husheng Liao. Intersection Checking for Regular Expressions Based on Inference System, Beijing University of Technology, Beijing, China. 2015.

Nova Tri Cahyono, dkk. Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Pada Blog (Studi Kasus: Nova13.Com), Teknik Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. 2011.

Putri Ratnasari. Mekanisme Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Penipuan Melalui Media Eletronik. 2015.

Saut Manatar Tua Hasugian. Kendala Polda Diy dalam Mengungkap Tindak Pidana Penipuan Melalui Internet Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta, Ilmu Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta.2013.

Sutji Decilya.. Polisi Tangani 600 Kejahatan Online Per Tahun. Tempo, Jakarta, 15 mei 2013.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i1.672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nur Rochmah Dyah Puji Astuti, Fiftin Noviyanto, Dewi Soyusiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License