PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA SISWA BARU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN UNTUK CLUSTERING JURUSAN

Fauziah Nur, M. Zarlis, Benny Benyamin Nasution

Abstract


Data mining merupakan teknik pengolahan data dalam jumlah besar untuk pengelompokan.Teknik ini digunakan dalam proses Knowledge Discovery in Database (KDD). Teknik tersebut mempunyai beberapa metode dalam pengelompokannya Naïve-Bayes dan Nearest Neighbour, pohon keputusan (KD-Tree), ID3, K-Means, text mining dan dbscan. Dalam hal ini penulis mengelompokan data siswa baru sekolah menengah kejuruan tahun ajaran 2014/2015. Pengelompokan tersebut berdasarkan kriteria – kriteria data siswa. Pada penelitian ini, penulis menerapkan algoritma K-Means Clustering untuk pengelompokan data siswa baru sekolah menengah kejuruan. Dalam hal ini, pada umumnya untuk memamasuki jurusan hanya disesuaikan dengan nilai siswa saja namun dalam penelitian ini pengelompokan disesuaikan kriteria – kriteria siswa seperti penghasilan orang tua, tanggungan anak orang tua dan nilai tes siswa. Penulis menggunakan beberapa kriteria tersebut agar pengelompokan yang dihasilkan menjadi lebih optimal. Tujuan dari pengelompokan ini adalah terbentuknya kelompok jurusan pada siswa yang menggunakan algoritma K-Means clustering. Hasil dari pengelompokan tersebut diperoleh tiga kelompok yaitu kelompok tidak lulus, kelompok rekayasa perangkat lunak dan kelompok teknik komputer jaringan. Terdapat pusat cluster  dengan Cluster-1=1.4;2.2;2.2, Cluster-2= 2.28;1.64;4 dan Cluster-3=5;2;6. Pusat cluster tersebut didapat dari beberapa iterasi sehingga mengahasilakan pusat cluster yang optimal.


Full Text:

PDF

References


Y. Agusta, "K-Means Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait," Jurnal Sistem dan Informatika, vol. 3, pp. 47-60, Pebruari 2007.

M. Kantardzic, J. Wiley and Sons, Data Mining: Concepts, Models, methods, and Algorithms, 2003

N. P. E. Merliana, Ernawati and A. J. Santoso, "Penentuan Jumlah Cluster Terbaik Pada Metode K-Means Clustering," SENDI_U.

Mardiani, "Perbandingan Algoritma K-Means dan EM untuk Clusterisasi Nilai Mahasiswa Berdasarkan Asal Sekolah," Citec Journal, vol. 1, no. 4, pp. 316-325, Agustus-Oktober 2014.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v1i2.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fauziah Nur, M. Zarlis, Benny Benyamin Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License