Perbandingan Metode Robert dan Metode Prewitt untuk Deteksi Tepi pada Citra Tanda Tangan

Eko Rahmad Kuswandi, Nurul Fadillah

Abstract


Sistem biometrik merupakan salah satu dari cabang teknologi yang berkembang sangat pesat pada era teknologi sekarang ini. Salah satu penerapan sistem biometrik yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu tanda tangan. Setiap orang pasti memiliki tanda tangan yang berbeda-beda, karena tanda tangan merupakan ciri seseorang yang membedakannya dengan ciri orang lain. Dalam penelitian ini akan dilihat perbedaan antara metode robbert dan metode prewitt dalam mendeteksi tepi pada tanda tangan. Proses deteksi tepi pada metode robbert dan prewitt didapatkan dengan menjumlahkan nilai absolut dari konvolusi differensial pada arah horizontal dengan konvolusi differensial pada arah vertikal. Maka dari hasil tersebut didapatkan bahwa metode prewitt memiliki tingkat akurasinya lebih tinggi dibandingkan dengan metode robbert.


Keywords


Metode Robbert, Metode Prewitt, Deteksi Tepi, Citra Tanda Tangan

Full Text:

PDF

References


Apriyana. dkk. (2017). “Perbandingan Metode Sobel, Metode Prewitt dan Metode Robert Untuk Deteksi Tepi Objek Pada Aplikasi Pengenalan Bentuk Berbasis Citra Digital”. STMIK GI MDP.

Harry Santoso. (2017). “Identifikasi Tanda Tangan Dengan Deteksi Tepi Dan Koefisien Korelasi”. Program Studi Teknik Informatika, Unika Soegijapranata Semarang.

Ji-Hyeon Park. dkk. (2017). “Efficient Signature Pattern Generation by Using Latticed Bounding Box”. Department of Computer Science and Engineering, Dongguk University, Korea.

Putri Endina. dkk. (2015). “Identifikasi Tanda Tangan Dengan Pendekatan Support Vector Machine”. Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Resa Abdilah. dkk. (2017). “Identifikasi Otentifikasi Citra Tanda Tangan Menggunakan Wavelet dan Backpropagation”. Jurusan Informatika, Fakultas MIPA Universitas Jenderal Achmad Yani.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eko Rahmad Kuswandi, Nurul Fadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License