Analisa Hidrologi Dengan Metode Geolistrik Susunan Elektroda Schlumberger Di Pesantren Modern Babusalam

Ramayulis Nasution, Luthfi Parinduri, Yusmartato Yusmartato

Abstract


Dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih di suatu tempat banyak upaya yang dapat dilakukan sesuai kondisi dan potensi yang ada. Khusus untuk pembuatan sumur bor air tanah dalam (deep well), sejatinya sebelum pembangunan sarana air bersih dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan penyelidikan geologi dan hidrogeologi sebagai bagian kegiatan eksplorasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendugaan geolistrik susunan elektroda schlumberger dengan maksud dan tujuan diantaranya untuk memperkirakan ada tidaknya lapisan pembawa air (akifer) dan mencari/ mengetahui letak, posisi, ketebalan, kedalaman dan penyebaran lapisan  pembawa air (akifer) bawah permukaan. Lokasi penyelidikan berada di Pondok Pesantren Modern Babusalam Dusun Dahlia, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Di lokasi ini dilakukan pengukuran geolistrik sebanyak 2 (dua) titik ukur. Dari hasil pengukuran geolistrik untuk air tanah dalam , akifer berada pada kedalaman  38,10  –  >  138,40 - 200 meter  dengan tahanan jenis vertikal batuan sebenarnya sebenarnya 27  dan 65 Ωm adalah batuan dengan tingkat porositas yang baik, fisik batuan kurang kompak dapat bertindak sebagai akifer dangkal sampai dalam yang produktif dengan  kesarangan air sedang, akumulasi air melalui sistem antar pori/butir. Saran untuk pemboran, dapat dilakukan pemboran sampai kedalaman 180 m dengan kedalaman konstruksi 162 meter.


Full Text:

PDF

References


1. Cameron, N.R, dkk, 1981, Peta Geologi Lembar Langsa Skala 1 : 250.000.

2. Fadli Hafid A, dkk, 2016, Mendeteksi Batuan Pembawa Air Tanah Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Pada Daerah Cendrama Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi – Selatan; Proceeding, Seminar Nasional Kebumian Ke-9 Peran Penelitian Ilmu Kebumian Dalam Pemberdayaan Masyarakat 6 - 7 Oktober 2016; Grha Sabha Pramana.

3. Harry Jusron I, dkk, 2002, Pelacakan Aliran Air Bawah Tanah Dengan Metode Geolistrik Diimogiri Daerah Ist/Mewa Yogyakarta, Prosiding Seminar Iptek Nuklir dan Pengelolaan Sumber Daya Tam bang Pusat Pengembangan Bahan Galiah Dan Geologi Nukir -Batan Jakarta.

4. Hasbi Bakri , dkk, 2015, Pendugaan Air Tanah Dengan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Di Desa Tellumpanua Kec.Tanete Rilau Kab. Barru Sulawesi-Selatan; Jurnal Geomine, Vol 03, Desember 2015.

5. Robert A. Van Zuidam, 1968, Aerial Photo Interpretation In Terrain Analysis and Geomorphologic, Mapping, Smiths Publisher.

6. Wahyu, 1985, Penyelidikan Hidrogeologi dengan Pendugaan Geolistrik di daerah Medan dan sekitarnya. Laporan Teknis Kanwil Deptamben Prop. SU (tidak diterbitkan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License