Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless

Mahrizal Masri, Efi Lasmi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada berkembang pesatnya teknologi informasi di bidang edukasi, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia termasuk media pembelajaran tata surya. Kelebihan dari AR adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3 Dimensi beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata sehingga Augmented Reality diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan planet-planet sistem tata surya yang mampu membuat pengguna tertarik. Pada penelitian ini digunakan Game Engine Unity untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun memungkinkan menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality.Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi pembelajaran planet–planet di tata surya secara 3D dengan teknologi Augmented Reality berbasis android. Dan hasil perancangan aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi pihak yang menggunakannya.


Full Text:

PDF

References


Arifitama, Budi, 2017, Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. Yogyakarta: Andi.

Azuma, Ronald T., 1997, A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments. pp. 355-385 Malibu: United States.

Hendratman, Hendi, 2017, The Magic Of Blender 3D Modelling. Bandung: Informatika Bandung.

Indriani, Riana & dkk., 2016, Analisis Dan Perancangan Aplikasi Augmented Reality Android Materi Tata Surya Untuk Siswa Kelas 6 SD Negeri Karangan Sleman.Teknik Informatika. STMIK AMIKOM: Yogyakarta.

Kusuma, Susanna Dwi Yulianti, 2018, Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking. Banten: Jurnal Informatika Universitas Pamulang. Vol. 3, No. 1

Mulyani, Fatma Atik, 2016, Pengertian Media Pembelajaran Berbasis Android, http://smartgadget2.blogspot.com/2016/10/pengertian-media-pembelajaran-berbasis.html, diakses pada 10 Agustus 2018 pukul 16.00.

Rosyidah, Rini, 2016, Pengertian Singkat Tata Surya, http://www.mata-pelajaran.xyz/2016/ 11/pengertian-singkat-tata-surya.html, diakses pada 10 Agustus 2018 pukul 17.20.

Vuforia Developer, 2015, Qualcomm Vuforia Developer Portal. https://developer.vuforia. com/forum/ar-technical-discussion/qcar-api

Wahana Komputer, 2005, Belajar Pemprograman C#. Yogyakarta: Andi.

Wahyudi, Andrian Kusuma, 2014, ARca, Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan Smartphone Android. JNTETI. Vol 3, No. 2

Wikipedia, 2015, Blender (perangkat lunak), https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(Perangkat Lunak), diakses pada 10 Agustus 2018 pukul 17.00.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License