Sistem Pengendali Tegangan pada Generator Induksi 3 Phasa Menggunakan Kontrol PI

Said Abubakar, Supri Hardi, Rizal Alfayumi

Abstract


Pada umumnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) banyak memanfaatkan motor induksi sebagai generator induksi karena cukup menggunakan energi terbarukan seperti air dan angin sebagai penggerak (Prime over) dan tidak banyak membutuhkan perawatan. Permasalahan generator induksi adalah apabila dibebani tegangannnya akan turun dan apabila terjadi pengurangan beban, maka tegangan akan naik. Tujuan penelitian ini adalah menstabilkan tegangan pada generator induksi 3 phasa 1 Kw 4 kutub menggunakan kontrol PI dengan cara menentukan parameter dan respon yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengujian dan pengukuran untuk mendapatkan parameter kendali Kp dan Ti berdasarkan metode Ziegler-Nichols. Hasil pengujian dengan mentuning kurva S didapat nilai Tu = 0,3 detik dan Tg = 2 detik serta parameter Kp = 6 dan Ti = 0,99. Respon kendali penstabil tegangan maksimal 25 detik dengan penambahan dan pengurangan beban sebesar 60 Watt. Tegangan stabil 200 VAC, frekuensi 50 Hz, dan kecepatan generator konstan 1538 Rpm.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Heri, 2012, Studi Regulasi Output Generator Induksi Dengan Voltage Source Inverter, Surabaya: FTI. Institude Teknologi Sepuluh November.

Dirgantara, Afiat. 2010, Analisis Dan

Simulasi Pengaturan Tegangan Generator induksi Berpenguat Sendiri Dengan Menggunakan Konverter AC-DC-AC Pada Sifat Beban Yang Berbeda, Skripsi. FT.UI. Depok.

Darjad, dkk., 2008, Aplikasi Kontrol Proporsional Integral Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Untuk Pengaturan Suhu Pada Alat Pengering Kertas, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen . Depok : Universitas Gunadarma.

Hardi, Supri. dkk. 2015, Rancang Bangun Thyristor Controlled Reaktor (TCR) sebagai penstabil tegangan dan peredam harmonisa aplikasi pada generator induksi Pembangkit Mikrohidro. Lhokseumawe : Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Hardi, Supri. 2015, Instrumentasi, Buku Ajar. Lhokseumawe : Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Harahap, R., 2016, Motor Induksi,

repository.usu.ac.id/bitstream/123456789

/55591/4/Chapter%20II.pdf. Diakses 23

Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License