Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Pseudocode Dasar

Wahyu Fuadi, Selamat Meliala, Dedi Fariadi

Abstract


Sebelum menulis kode pemrograman secara langsung dengan bahasa pemrograman, langkah-langkah pembuatan program dapat dituliskan terlebih dahulu dengan bentuk yang lebih sederhana dengan pseudocode. Mempelajari pseudocode adalah bagian penting saat ingin merancang langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat sebuah pemograman. Namun mempelajari pseudocode  masih banyak dilewati oleh mahasiswa informatika karena sulit untuk dipahami, pada akhirnya mahasiswa akan kesulitan dalam memecahkan masalah pada  pembuatan bahasa pemograman. Penelitian ini bertujuan membantu mahasiswa untuk belajar memahami pseudocode dengan cara yang lebih menarik. sehingga akan membantu mahasiswa dalam menguasai pseudocode guna merancang langkah yang diperlukan untuk membuat program. Aplikasi game pembelajaran pseudocode ini akan dirancang menggunakan bahasa pemograman java berbasis desktop yaitu menggunakan java NetBeans 8. Aplikasi game ini memiliki empat tingkatan level, yaitu input/output (level 1), seleksi kondisi (level 2) , perulangan (level 3), dan array (level  4). Dalam aplikasi ini proses pemilihan tingkatan soal menggunakan algoritma Depth First Search (DFS) dan pengacakan soal menggunakan method random pada java. Pada saat menjalankan aplikasi pembelajaran pseudocode dasar ini, pengguna diharuskan menginput sambungan coding dari pseudocode yang disediakan dengan cara menginputkan jawaban pada textfield yang tersedia. Proses ini yang digunakan untuk melatih pemahaman pengguna akan materi yang tersedia dalam aplikasi ini. Berdasarkan hasil pengujian game pembelajaran pseudocode dasar, mampu meningkatkan minat mahasiswa informatika dalam mempelajari dan memahami pseudocode. Dan pada saat mereka menulis dalam bahasa pemrograman yang sesungguhnya, program dapat dijalankan dengan benar.


Keywords


Depth First Search; Game; Java; NetBeans; Pseudocode

Full Text:

PDF

References


. Afrizal, Ali Subhan, 2014, Rancang bangun aplikasi desktop kamus Indonesia, Inggris dan arab menggunakan NetBeans dan MySql. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS).

. A.S., Rosa , Shalahuddin M., 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

. Barakbah, Ali Ridho., dkk, 2013. Logika dan Algoritma, Program Studi Teknik Informatika Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

. Inggiantowi hafid. Perbandingan Algoritma Penelurusan Depth First Search dan Breadth First Search Pada Graf Serta Aplikasinya, Program Studi Teknik Informatika , Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi BandungKadir, Abdul. 2014. Buku Pertama Belajar Pemograman Java Untuk Pemula. Yogyakarta : MediaKom.

. Nuraini, Rini. 2015. Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart. Jurnal Teknik Komputer. Universitas AMIK BSI.

. Pribadi, Octara 2015. Maze Generator Dengan Menggunakan Algoritma Depth First Search. Program Studi Teknik Informatika. STMIK TIME MEDAN.

. Sadiqa, Aulia., 2015, Perbandingan Metode Knuth Morris Pratt dan Metode Boyer Moore pada Aplikasi Kamus Istilah Kimia Berbasis Android, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara.

. Yulianto, Budi, dkk. 2012. Aplikasi Pembelajaran Algoritma Dasar Interaktif Berbasiskan Computer Assisted Instruction. Computer Science Department. School of Computer Science. Binus University, ComTech Vol.4 No.2 Desember 2013.

. Zamroni, M. Rosidi, dkk., 2013, Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan. Jurnal Teknika Vol. 5 No.2 September 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License