Teklogi Tebaru Perancangan Model Alat Penyiram Tanaman Dengan Pengontrolan Otomatis

Zulkarnain Lubis

Abstract


Sistem penyiraman tanaman pada saat ini masi banyak yang melakukan secara manual sehingga dapat  membuat membuang waktu dan bahkan energi yang terbuang. Maka dengan kemajuan teknologi pada saat ini dan dan dapat memanfaat kan koneksi jaringan internet alat dan user  dapat saling terhubung. Pompa Penyiraman dapat dikendalikan oleh smartphone dengan kendali jarak jauh dan waktu penyiraman dilakukan 1 kali/hari dalam 2 kali penyiraman. Tombol-tombol interface pada aplikasi Android di smartphone sebagai inputan data yang akan dikirim melalui komunikasi wifi menggunakan router dan ethernet dan modul jam. Modul kelembapan tanah yang diproses ,kemudian dikirimkan melalui I/O agar motor pompa yang sudah terpasang sebagai output dapat bergerak di Alat Penyiraman sesuai dengan perintah dari input tombol-tombol di aplikasi nya. Dari  hasil pengujian menggunakan tanaman  dengan berbagai usia dengan tidak adanya kegagalan hingga panendan alat ini dapat di manfaatkan pertanian tanaman.Penelitian ini dilakukan menggunakan metode R dan D (Research and Development) yang meliputi  perencanaan,  analisis kebutuhan,  perancangan,  pengujian, implementasi sistem perangkat keras (hardware) yaitu  alat  penyiraman, dengan blok  input  Smartphone, blok   pengendali ,    blok   output   berupa  motor  pompa komunikasi Wifi menggunakan router serta  ethernet modul, Modul  Kelembapan Tanah,  Modul Jam dan    implementasi perangkat lunak (Software) yaitu berupa pemograman untuk Sistem Operasi aplikasi  Android.Hasil penelitian ini menunjukkan Sistem Otomatis Penyirama Tanaman Menggunakan Sistem Operasi Alat 6 yang telah dirancang, direalisasikan dan diuji bahwa Penyiraman Tanaman  melakukan penyiraman 1 (satu) hari dengan 2 kali penyiraman dan 100 liter air dari wadah untuk penyiraman tanaman  dan pompa air dikendalikan menggunakan Smartphone melalui media komunikasiwifi.


Keywords


Alat; Android Smartphone; Router; Modul Jam; Modul Pompa Penyiram Tanaman

Full Text:

PDF

References


. AI-Thinker Team. ESP-12E WiFi Module Version 1.0. (2017) [Online]. Tersedia: https://www.kloppenborg.net/ images/blog/ esp8266/esp8266-esp12e-specs.pdf.

. Arafat. 2017, Desain Dan Implementasi Sistem Smart Home Berbasis Wi-Fi”, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin,.

. Betha Sidik, 2017, Pemrograman Web

. Hanan Wisnu Wijaya., B. S. 2017. Perancangan Alat Penyiram Tanaman Otomatis Dengan Yl69 Berbasis Arduino Uno R3, ;Penerbit Universitas Telkom.

. NodeMCU Team. 2017, Node MCU Documentation. Diambil pada 10 Februari 2018 dari https://nodemcu.readthedocs.io/ en/master/

. ST Microelectronics, L298 Dual Full Bridge Driver. 2018, [Online]. Tersedia: https://www.sparkfun.com/ datasheets/Robotics/L298_H_Bridge.pdf.

. Widhi, H. N. 2014. Sistem Penyiram Tanaman Anggrek Menggunakan Sensor Kelembaban Dengan Program Borland Delphi 7 Berbasis Modul Arduino Uno R3. : Penerbit Andi

. Wicaksono, M. Fajar, 2017. Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 Untuk Smart Home”, Jurusan Teknik Komputer, UNIKOM

. Zulfauzi. 2016, Perancangan Pintu Geser Otomatis Berbasis Android Menggunakan Wifi, Teknik Informatika Politeknik Sekayu, STMIK-MURA Lubuklinggau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License