Mengaplikasikan Sel Volta Dalam Pembuatan Baterai Sebagai Penyimpa Energi

Muslih Nasution

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari pemakaian baterai sangat penting sekali, karena hampir semua semua alat-alat tersebut menggunakan alat-alat elektronik yang mobile yang dengan mudah bisa dibawa kemana-mana. Dalam hal alat tersebut memerlukan daya sebagai penggerak termasuk dengan aflikasi-aflikasinya, daya ini diambil dari baterai yang telah tersedia yang diperoleh dari hasil reaksi kimia anoda dan katoda yang mempunyai tegangan yang berbeda sehingga menghasilkan energi. Perbedaan tegangan akan menimbulkan energy listrik pada baterai tersebut dimana antara katoda dan anoda disebut sebagai tegangan kutub dengan tegangan tertentu tersebut dafat digunakan untuk menggerakkan aplikasi Deret volta  merupakan suatu deret yang menyatakan unsur-unsur logam berdasarkan potensial elektrode standarnya. Maka, kegunaan dari deret volta ini yakni untuk suatu acuan mengenai apakah logam bisa bereaksi dengan ion logam lain.Namun Konsep deret volta sendiri sama halnya dengan reaksi pendesakan antarhalogen.


Keywords


Sel Volta; Baterai; Energi Listrik; Potensial

Full Text:

PDF

References


Brown, Theodore L. et al. 2015. Chemistry: The Central Science (13th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Chang, Raymond. 2010. Chemistry (10th edition). New York: McGraw Hill

Jenkins, et al. 2003. Nelson Chemistry 12. Toronto: Thomson Nelson.

Petrucci, Ralph H. et al. 2011. General Chemistry: Principles and Modern Applications (10th edition). Toronto: Pearson Canada Inc.

Chang, Raymond. 2010. Chemistry (10th edition). New York: McGraw Hill

McMurry, John E., Fay, Robert C., & Robinson, Jill K. 2016. Chemistry (7th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Petrucci, Ralph H. et al. 2017. General Chemistry: Principles and Modern Applications (11th edition). Toronto: Pearson Canada

Purba, Michael. 2007. Kimia 3A untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Silberberg, Martin S. & Amateis, Patricia. 2015. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (7th edition). New York: McGraw-Hill Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License