Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Programmable logic controller

Noorly Evalina, Abdul Azis H, Zulfikar Zulfikar

Abstract


Motor induksi adalah motor yang paling banyak digunakan saat ini, karena memiliki konstruksi yang sederhana, relatif murah, lebih ringan dan memiliki efisiensi yang tinggi serta mudah dalam pemeliharaannya dibandingkan dengan motor DC. Namun dalam hal pengaturan kecepatan dan torsi motor induksi bukanlah suatu permasalahan yang mudah untuk dIlakukan, dengan berkembangnya Teknologi sistem kontrol salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan  Inverter satu fasa dan frekuensi 50 Hz untuk digunakan mengatur kecepatan  motor induksi tiga fasa.   Pengaturan frekuensi tegangan motor induksi dapat dilakukan dengan menggunakan inverter. Inverter mengkonversikan sumber tegangan AC 3 fasa maupun sumber tegangan AC 1 fasa yang memiliki frekwensi 50 Hz konstan menjadi sumber tegangan AC 3 fasa yang frekuensinya dapat diatur antara 0 – 50 Hz. Pada penelitian ini program Ladder diagram dirancang menggunakan CX-Programmer pada Programmable Logic Controller (PLC) yang digunakan sebagai pengendali kecepatan motor induksi tiga fasa melalui inverter. Frekuensi yang dikendalikan mulai dari 5 Hz sampai 60 Hz dan putaran yang dihasilkan 124 rpm sampai dengan 1441 rpm.  Semakin besar data frekuensi yang disetting ke PLC, maka kecepatan putaran motor induksi akan berubah semakin cepat.


Full Text:

PDF

References


. Adi Wasono, 2011, Rancang Bangun Aplikasi Programmable Logic Controller (PLC) Sebagai Pengendali Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Melalui Inverter, Jurnal Ilmiah (Vol.7 No. 3 November 2011 : 401-406), Politeknik Negeri Semarang.

. Agus Darwanto, Pebri Budianto, 2009, Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa ¼ Hp 220/380 V Menggunakan Inverter Berbasis PLC Glofa, Majalah Ilmiah STTR Cepu.

. Heri Haryanto, 2011, Pembuatan Modul Inverter Sebagai Kendali Kecepatan Putaran Motor Induksi, Jurnal Ilmiah , Vol 4 No. 1, April 2011: 149-159.

. Hari, W,W., Bambang, S., 2004, Aplikasi Mikrocontroller AT89C51 Sebagai Pembangkit PWM Sinusoida 1 Fasa Untuk Mengendalikan Putaran Motor Sinkron, Jurnal Penelitian, Universitas Gajah Mada, Jogyakarta

. Marappung M, 1998, Teknik Tenaga Listrik, Armico, Bandung.

. Muhammad H Rashid, 2006, Elektronika Daya, Rangkaian, Devais dan Aplikasinya, Edisi Bahasa Indonesia Jilid satu edisi kedua, PT. Prenhallindo, Jakarta.

. Z. Tharo, A.P.U. Siahaan N. Evalina, 2016, Improvisation analysis of reaktif power saving lamps based on Inverter, International journal of engineering and techniques, vol 2 no. 5, pp 141-145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License