Analisis Kopling Elektromagnetik Pada Transmisi Tegangan Tinggi 150 KV (Aplikasi: PT.PLN Persero Unit Tragi Sei Rotan)

Yusmartato Yusmartato, Ramayulis Nasution, Abdurrozzaq Hasibuan

Abstract


Parameter-parameter saluran transmisi antara lain adalah: resistansi, induktansi, kapasitansi, dan konduktansi. Salah satu parameter yang dibahas kali ini adalah mengenai induktansi. Beban induktansi terjadi, apabila suatu penghantar dialiri arus listrik, maka pada penghantar itu akan menimbulkan medan magnet. Pada penghantar itu sendiri timbul 2 macam fluks, yaitu fluks internal yang menggandeng seluruh bahagian penghantar dari titik pusat hingga titik terluarnya, dan mengimbaskan (menginduksikan) suatu tegangan  pada penghantar itu, tegangan imbas (induksi) yang ditimbulkan oleh kopling atau gandengan fluks internal tersebut merupakan suatu drop tegangan atau rugi-rugi transmisi, dan rugi-rugi ini disebut induktansi internal. Fluks yang ditimbulkan berikutnya adalah fluks eksternal yang terjadi di luar penghantar tersebut, apabila terdapat 2 buah penghantar yang jaraknya berdekatan, maka medan magnet berupa fluksi-fluksi eksternal yang ditimbulkan masing-masing penghantar akan saling melingkupi, proses ini disebut sebagai kopling fluks eksternal, dan rugi-rugi yang diakibat oleh kopling fluks eksternal, dinamakan induktansi eksternal. Peristiwa elektris yang menyertai terjadinya induktansi ini merupakan suatu hal yang umum yang sering terjadi dalam suatu rangkaian listrik dan peristiwa ini mempunyai pengaruh yang cukup penting bagi keseimbangan beban rangkaian listrik tersebut. Hal yang sama juga tejadi pada sistem penyaluran daya contohnya sistem penyaluran daya PLN, yang dapat memepengaruhi keseimbangan beban pada sistem penyaluran daya ke pusat-pusat  beban atau konsumen. Namun dengan menerapkan suatu perhitungan terhadap kondisi yang terjadi maka pengaruh kopling elegtromagnetik ini dapat diketahui secara jelas, dan dapat dipergunakan dalam menganalisa suatu sistem penyaluran daya khususnya yang diakibatkan oleh beban yang terdapat pada saluran transmisi tegangan tinggi.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, 1998, Transmisi Tenaga Listrik, Erlangga, Jakarta.

A. Arismunandar dan S. Kuwahara, 1975, Buku Pegangan Tenaga Listrik, Jilid II dan III, Saluran Transmisi, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

B.M. Weedy, 1987, Electric Power Systems, Third Edition Revised, Jhon Wiley and Sons, Singapore New York, Toronto.

Joseph A. Edminister, 1984. Elektromagnetika, Erlangga, Jakarta.

J. Jhon Grainger, William D Stevenson, 1994, Power system Analysis, Mc Graw-Hill, Singapore.

Kamal Idris Ir / Terjemahan dari William D. Stevenson, 1990, Analisa Sistem Tenaga Listrik, Erlangga, Jakarta.

Sulasno, 1993, Analisa Sistem Tenaga Listrik, Satya Wacana, Semarang.

T.S Hutahuruk, 1990, Transmisi Daya Listrik, Erlangga, Jakarta.

Turan Gonen, 1985, Electrical Power Transmision System Engineering, California State University.

William D.Stevenson, Jr, 1984, Analisis Sistem Tenaga Listrik. Alih Bahasa Ir. Kamal Idris. Erlangga, Jakarta

Parinduri, L., & Sulaiman, O. K. (2018, April). Biomass analysis at palm oil factory as an electric power plant. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1007, No. 1, p. 012053). IOP Publishing.

Hasibuan, A., Arfah, M., Parinduri, L., Hernawati, T., Harahap, B., Sibuea, S. R., & Sulaiman, O. K. (2018, April). Performance analysis of Supply Chain Management with Supply Chain Operation reference model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1007, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License