Metode Baru Robot Pengantar Menu Makanan Menggunakan Android dengan Kendali PID Berbasis Mikrokontroler

Zulkarnain Lubis

Abstract


Perkembangan teknologi dan otomasi industri mendorong manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan cepat. Sehingga dikembangkan teknologi robotika untuk membantu dan meringankan pekerjaan manusia di masa depan. Robot pengantar makanan line follower merupakan robot yang diciptakan untuk menggantikan peran seorang pelayan di restoran. Robot ini memiliki kemampuan untuk mengantarkan makanan secara otomatis. Robot pengantar menu makanan ini menggunakan konsep Line Follower, yaitu mengikuti lintasan menuju meja-meja yang telah ditentukan. Penulisan kode program menggunakan Arduino IDE 1.6.5 serta menggunakan program bahasa Basic4Android untuk pengontrolan robot. Robot ini menggunakan 2 roda dan 1 roda bebas yang diletakkan di bagian depan. Sensor yang digunakan yaitu sensor photodioda sebagai 6 buah sensor sebagai navigasi robot dan robot ini hanya dikontrol dengan android. Dengan demikian secara keseluruhan sistem pada robot pengantar makanan ini dapat berfungsi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


. Abdul Kadir, 2014, From Zero to a Pro, Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Abdul Kadir, 2013, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya menggunakan Arduino”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Daisy A.N Janis, 2014, Rancang Bangun Robot Pengantar Makanan Line follower, e-journal Teknik Elektro dan Komputer, ISSN: 2301-8402.

. Hariz Bafdal Rudiyanto, 2012, Rancang Bangun Robot Pengantar Surat Menggunakan Mikrokontroler AT89S51, Jurnal Skripsi , Teknik Elektro, Universitas Gunadarma, Depok-Kelapa dua.

. Heri Andrianto, Aan Darmawan, 2015, Belajar Cepat dan Pemrograman Arduino, Penerbit Informatika, Bandung.

. Jazi Eko Istiyanto, 2014, Pengantar Elektronika dan Instrumentasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Muhammad Faizun, 2012, Pemrograman Mikrokontroller ATMega dengan CVAVR dan Simulasi ISIS Proteus, Penerbit Deepublish, Yogyakarta.

. Syahban Rangkuti, 2011, Mikrokontroler Atmel AVR, Simulasi dan Praktik Menggunakan ISIS Proteus dan Code Vision AVR, Penerbit Informatika Bandung, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License