Analisis Panel Kelistrikan Pabrik Kelapa Sawit Kapasitas 10 Ton/Jam di PT. SMS

Hafiz Perdian, Yusmartato Yusmartato, Ramayulis Nasution

Abstract


Pertumbuhan Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit saat ini mengalami perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dilihat dari perluasan lahan kebun kelapa sawit baik dikelola  oleh pemerintah, swasta maupun  oleh perorangan. Oleh sebab itu sangat dibutuhkannya pabrik tempat pengolahan buah sawit tersebut disingkat dengan PMKS (Pabrik Minyak Kelapa Sawit) Proses pengolahan pabrik kelapa sawit ini disupply oleh suatu panel Listrik yang dinamakan panel induk atau yang lebih dikenal dengan Main Switch Board. Panel induk ini harus mampu memberikan pelayanan daya listrik ke sub - substation yang ada di pabrik pengolahan kelapa sawit. Untuk itu direncanakan suatu panel induk  yang  mampu  dan handal bila terjadi gangguan, tanpa mempengaruhi proses produksi serta mampu untuk dikembangkan. Untuk meningkatkan kapasitas daya suatu pabrik pmks dan keandalan maupun keamanan dari panel induk ini harus direncanakan dengan system sinkronisasi bila terjadi penambahan daya,  memiliki system proteksi terhadap, arus lebih maupun kebocoran arus fasa yang semuanya berguna untuk meningkatkan kualitas keamanan (safety) baik untuk manusia  juga untuk peralatan serta mampu bekerja pada tingkat kontiunitas yang tinggi.


Keywords


Pabrik Kelapa Sawit; Main Switch Board; Keandalan

Full Text:

PDF

References


. Badan Standarisasi Nasional, 2000, Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000), Jakarta: BSN

. Belo, T. C., Notosudjuno, D., & Suhendi, D. 2016. Analisa Kebutuhan Daya Listrik Di Gedung Perkuliahan 10 Lantai Universitas Pakuan Bogor. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Teknik Elektro. 1(1): 1-10.

. Esye, Y., Lesmana, S. 2021, Analisa Perbaikan Factor Daya System Kelistrikan. Jurnal Sains &Teknologi. 11(1): 103-113.

. Irawan, H. B. 2021. Analisis Instalasi Listrik Pengolah Air Limbah di PT. Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero). Tugas Akhir. Universitas Semarang, Semarang.

. Kurniawan,D., Supardi. 2019. Comparison Of Start Torque and Start Current 3 Induction Motor Phases Using Delta and Auto Start Switch Transformer. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya

. Machdi, A. R. 2016. Analisa Kelayakan Sistem Instalasi Listrik Melalui Pengujian Nilai Tahanan Isolasi Dan Tahanan Bumi. Jurnal Teknik Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK. 17 (1): 1-9.

. Prasetiyo, T. 2021. Pengoprasian Dan Perawatan Main Switch Board Dikapal Negara Kumba Distrik Navigasi KelasIi Semarang. Karya Tulis. Universitas Maritim Amni, Semarang.

. Wiranto, 2014. Integrasi Solar Home System Dengan Jaringan Listrik PLN Menggunakan Kendali Relay Dan Kontaktor Magnet. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura.

. Yuniarto & Ariyanto, E. 2018. Korektor Faktor Daya Otomatis Pada Instalasi Listrik RumahTangga. Gema Teknologi. 19 (4): 24-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License