Desain Sisitem Pendekteksi Api Menggunakan Sistem Sensor Flame dan MQ-2 Berbasis Arduino Uno

Almuyasir Almuyasir, Raihan Putri, Selamat Meliala

Abstract


Api merupakan suatu zat di perlukan oleh manusia yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, terkadang salah penggunaan api dapat menyebabkan kebakaran, oleh karena itu dengan merancang alat yang diberi sistem pendeteksi kebakaran dengan sistem Sensor Flame dan MQ-2 berbasis Arduino Uno”. ini adalah untuk dorongan sebagai peringantan dini terhadat kebakarang yang terjadi  kerap kali  terjadi tanpa ada peringatan.Desain sistem kebakaran dan memberikan peringatan suara dan bergantung pada mikrokontroler. Perangkat ini memiliki sistem sensor Flame dan MQ-2 sebagai  indikator  kebakaran, menggunakan  Arduino  sebagai pengatur informasi atau hasil sinyal yang  memberikan  pemberitauan  kepada buzzer, dan  LCD  untuk  menampilkan  pemberitahuan  kebakaran dalam struktur teks. Hasil   dari sensor MQ-2 atau flame yang mengidentifikasi asap atau api akan ditangani dalam mikrokontroler yang telah diprogram sehingga akan menampilkan peringatan kebakaran dalam bentuk teks dan kemudian menampilkan ke LCD dan alat ini bisa mengeluarkan suara alarm peringatan dini.


Keywords


Sensor MQ-2; Sensor Flame; Arduino; Pompa; Buzzer; LCD

Full Text:

PDF

References


F. Susanto, 2018, Fast Tracking of Detection Offenders Smoking Zone Menggunakan Sensor MQ-2 Berbasis Internet of Things, vol. X, no. 1, pp. 5–8, 2018.

A. H. Kridalaksana, A. Nurhuda, Y. F. Yustiono, T. Informatika, and A. Rokok, Prototipe Monitoring Pendeteksi Asap Rokok Dan Kebakaran Menggunakan Sensor Mq-2 Berbasis.

E. B. Sambani, D. Rohpandi, and F. A. Fauzi, 2020, Sistem Monitoring Alat Pendeteksi Asap Rokok Pada Ruangan Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Mq-135 Dan Telegram, vol. 10, no. 1, pp. 53–61.

G. D. Ramady, H. Yusuf, R. Hidayat, A. G. Mahardika, and N. S. Lestari, 2020, Rancang Bangun Model Simulasi Sistem Pendeteksi Dan Pembuangan Asap Rokok Otomatis Berbasis Arduino, vol. VI, no. 2, pp. 212–218, 2020, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

I. Nusa, B. Perwira, and W. Broto, 2017, Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno Dan Sensor Mq-2 Keluaran Sms Gateway, vol. VI, pp. 31–40, 2017.

Madhar, 2018, Rancang Bangun Sistem Monitoring Deteksi Dini Kebakaran Dengan Fitur Gps Berbasis Website, Jati (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 367–372, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.itn. ac.id/index.php/jati/article/view/1692.

W. K. Raharja and R. Ramadhon, 2021, Purwarupa Alat Pendeteksi Kebakaran Jarak Jauh Menggunakan Platform Thinger . IO, vol. 7, no. 2, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License