Unit Pengendali Sistem Hibrida Panel Surya Dengan PLN Pada Penggunaan Rumah Tinggal

Pratowo Aji, Indra Roza

Abstract


Saat ini energi fosil semakin hari semakin sedikit, maka pemanfaatan energi matahari salah satu alternatif untuk mencegah habisnya bahan bakar fosil, saat ini masyarakat sudah tidak asing lagi dengan panel surya, dan sudah banyak di gunakan baik di industi maupun di perumahan masyarakat, selain efisien dan tidak menimbulkan pencemaran baik lingkungan udara maupun suara di bandingkan dengan Genset yang perawatannya juga cukup mahal, panel surya juga memiliki perawatan yang hampir sama diantaranya perawatan Solar Cell, pengisi daya (Charger), baterai, dan inverter. Jika unit Genset harus mengontrol bahan bakarnya tersedia panel surya juga harus mengontrol baterai terisi dengan penuh pentingnya menjaga baterai agar tidak cepat rusak maka dari itu wajib di pasang kontrol pengisi daya (charger) di mana alat ini berguna untuk pengisi baterai dan akan beralih  ketika baterai habis pada saat di gunakan, tegangan kerja pengisi daya (charger) pada saat baterai habis adalah kurang dari 11 volt DC di mana baterai di cas dengan tegangan PLN dan inverter tidak bekerja, beban di alihkan menggunakan listrik PLN jika baterai yang tercas dan tegangan baterai mencapai lebih dari 12 volt DC maka akan kembali beralih menghidupkan beban menggunakan tenaga baterai.   


Keywords


Kontrol; Pengisi Daya; Charger; Tegangan; Inverter; Baterai; Solar Cell

Full Text:

PDF

References


. Claudia Dewi Larasati. 2015. Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa Judul Program. https://eprints.uns.ac.id/27445/1/ I0111023_001027_Solar_Charger_sebagai_Fasilita.pdf, diakses pada 28 April 2022 pukul 17:00.

. Ansal Qadri. 2018. Pembangkit Listrik Sistemhibrid Sel Surya Dengan Energi Angin, ,https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/24485-Full_Text.pdf, diakses pada 1 Mei 2022 pukul 15:00.

. Adria., Agus. Tarmizi. 2015. Model Hibrid PV-Genset Aplikasi pada Sistem Off Grid. Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro : Universitas Syiah Kuala

. Hasan, Hasnawiya. 2012. Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Pulau Saugi. Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan (JRTK) Vol 10 No. 2 : Makassar: Universitas Hasanuddin.

. Muhamad Akbar. 2020. Pengendalian Pembangkit Listrik Hybrid Renewable Energy (Surya, Bayu Dan Picohidro) Menggunakan Mikrokontroler ATMega2560” http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/ODAwMDcyOGQ4Y2FkZDEwNjc0ZTNiMzc2Yzk2NjdjODMwNzFiOThkMw==.pdf, diakses pada 6 Mei 2022 pukul 14:00 : Makasar Universitas Hasanuddin.

. L. S. Mulia, I. M. Shidiq, Soeprapto, and J. M. T. Haryono, 2016, Analisis Teknik dan Ekonomi Power Hibrida (,” pp. 1–6.

. April Angi Prayogi. 2018. Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Hybrid (Pln-Solar Cell) Pada Gedung Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Menggunakan Homer.

https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/12623/revisi%20fiixxx%20laporan%20fix.pdf?sequence=3&isAllowed=y, diakses pada 21 Mei 2022.

. Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi., 2014., Statistik Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta.

. Strong, Steven J, 1987, The Solar Electric House, A Design Manual for Home-Scale Photovoltaic Power Systems, Pennsylvania, Rodale Press.

. Joseph and J. Kamala, 2013, Economic and Backslash Tolerable Solar Tracking System, International Multi - Conference on Automation, Computing, Communication, Control and Compressed Sensing (iMac4s), pp.748-753.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License