Analisis Hybrid PLTA dan PLTS Sebagai Energi Listrik Alternatif Pengganti Energi PLN

Zulkarnain Lubis, Solly Aryza, Hermansyah Alam

Abstract


Khusus nya di Daerah pedesaan  salah satu  kawasan  yang memerlukan listrik adalah konsep a hybrid energi  PLTA(Pembangkit listreik tenaga air ) dan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)  dengan  peralatan pembangkit energy listrik yang merubah cahaya matahari menjadi listrik. PLTS sering juga disebut sebagai solar cell, atau solar photovoltaic, atau solar energy. Dengan konsep sederhana yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energy listrik yang mana cahaya matahari adalah salah satu bentuk energi dari sumber daya alam. Cahaya matahari sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energy yang tidak terbatas langsung di ambil dari matahari, tidak memerlukan bahan bakar sehingga sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan.Untuk menambah daya listrik pada waktu diperlukan maka digabungkanlah kedua energi  PLTA dan PLTS dengan konsep Hybrid. Energy baru dan yang terbarukan mempunyai peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan energy, hal ini di sebabkan penggunaan bahan bakar untuk pembangkit-pembangkit listrik konvensional dalam jangka waktu yang panjang akan menguras sumber minyak bumi, gas dan batu bara yang makin menipis dan juga dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Salah satunya upaya yang telah dikembangkan adalah pembangkit listrik tenaga surya. Pada penelitian  ini akan dibahas mengenai apa itu PLTS dan bagaimana apabila digabung dengan PLTA sesuai dengan kebutuhan.dan dengan adanya penelitian  ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai PLTS  Hybrid dengan PLTA . 


Keywords


PLTA; PLTS ; Hybrid Mikrokontroller; solar cell ; photovoltaic

Full Text:

PDF

References


. Galoeh Utomo, Wildian, 2013, Room Lighting Control System Based on Detecting the Presence of People in the Room, Journal of Physics Unand Vol. 2, No 4, October

. Hoby Fauzi, 2016, Programming Microcontroller For Beginners, (online)

http://www.hobyfauzi.tk/2016/05/microcontroller programming for beginners.html, accessed 16 August 2017

. Sigit Wasista, Setia wardhana, Delima Ayu Saraswati, Eko Susanto, 2019, Internet Of Things (IOT) Application With Arduino And Android "Building Smart Homes And Smart Robots Based On Arduino And Android", ISBN ; 6232099613, 9786232099616, Surabaya

. P. Shah and R. Sekhar, Predictive modeling and control of clamp load loss in bolted joints based on fractional calculus,” in Advances in Computing and Network Communications, S. M. Thampi, E. Gelenbe, M. Atiquzzaman, V. Chaudhary, and K.-C. Li, Eds. Singapore: Springer Singapore, 2021, pp. 15–32.

. Abdul Kadir 2012, Practical Guide to Learning Microcontroller Applications and Programming Using Arduino.

. Kurniawan, Dayat. 2009. ATMega8 dan aplikasinya. Jakarta PT.Elex Media Komputindo.

. Setiawan, Rony. 2009. Teknik Pemecahan Masalah dengan Algoritma dan Flowchart (Basic dan C). Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia.

. Mangiri, Herry S dkk. 2013. Pemrograman dan Struktur Data C: Bandung, Informatika Bandung.

. Dwi Septian Suyadhi, Taufiq. 2010. Buku Pintar Robotika . Yogyakarta : C.V ANDI

. Syahrul. 2012. Mikrokontroler AVR ATMEGA8535. Bandung, Informatika Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License