PENGEMBANGAN KARAKTER LSRW PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BISNIS

Imamul Khaira

Abstract


Bahasa Inggris Bisnis menjadi bahas yang sangat diperlukan dalam kegiatan bisnis di dalam masyarakat global. Mengingat pentingnya Bahasa Inggris Bisnis ini,  Program Studi Manajemen Universitas Haji Sumatera Utara membekali mahasiswanya dengan mata kuliah ini melalui pengembangan karakter LSRW. Penelitian ini menjadi penting dilakukan dan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Bahasa Inggris Bisnis di antara mahasiswa manajemen Universitas Haji Sumatera Utara dalam meningkatkan karakter LSRW  dan mengembangkan  kompetensi  profesional, akademik, dan pengembangan pribadi mahasiswa.  Penelitain ini berjenis penelitian kuantitatif   dengan jenis metode korelasional. Peneliti mengembangkan kuesioner dan menyebarkan kuesioner  kepada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Haji yang mengambil Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis yang terdiri dari 15 responden.  Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS, Versi 27.0  dengan menggunakan statistik deskriptif, uji-T dan koefisien regresi untuk menggambar  signifikansi hasil penelitian. Penelitian ini menguji alpha test untuk mengetahui reliabilitas dan ditemukan ambang alfa yang diterima. Untuk semua item, 36 Alpha adalah 0,91.   Kegiatan penelitain dilakukan  pada bulan Desember 2022 sampai  Januari 2022.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  pengembangan karakter LSRW pada  Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis  terutama pada karakter  listening, speaking, reading, dan writing dapat dilihat terjadi peningkatan  dengan rata-rata pada tingkat yang signifikan dengan  rata-rata dan standar penyimpangan 0,671 yang menunjukkan bahwa karakter Listening memiliki pendapat positif di antara responden. Karakter Speaking, berada di bawah kisaran antara 3,99 yang menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengambil  Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis memiliki ini teruji secara signifikan. Karakter Reading dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis memiliki tingkat penerimaan rata-rata  secara signifikan dengan nilai rata-rata berkisar antara 3,09   dengan  p<0,001. Hal ini menunujukkan bahwa semua resounden menyatakan bahwa Karakter Reading dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis penting dikembangkan dalam  meningkatkan ide, kritis

Keywords


Karakter LSRW; Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis

Full Text:

PDF

References


Hariharasudan, dkk. (2021). Strategic Influences of Business English in Management Education. Polish Journal of Management Studies. 23(2) 180-195.

Harianto. (2020). Pengaruh Pendekatan Berbasis Genre Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Tentang Teks Spoof Di Kelas VIII SMP N 2 Simpang Dolok Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy. Vol 1, No1. Doi; Prefix 10.30743.

Iskandar, Ahmad Fikri., (2020). Perbedaan Hasil Komunikasi Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Type Koperatif STAD dan TGT Di SMP Asyafiiyah Internasional. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy. Vol 1, No1. Doi; Prefix 10.30743

Khaira, Imamul., Susilawati, Evi., Renaldi, Refli., Implementasi Rancangan Pembelajaran Berbasis TPACK Sebagai Integrasi Pembelajaran Di Era Society 5.0 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Ekonomi Kesehatan. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 14, No. 2, Oktober 2021, Doi: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.28338.

Kim, H. H., (2013). Needs analysis for english for specific purpose course development for engineering students in Korea. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 8(6), 279–288.

Susilawati, Evi., & Khaira, Imamul., (2021). Higher Orther Thinking Skills (HOTS) dan Model Pembelajaran TPACK Serta Penerapannya pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran PPKn. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 14, No. 2, Oktober 2021. Doi: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.28338.

Thavabalan, P., dkk., (2021). English for Business Communication: An interventional Study With Employees of Indian Printing Industry at Sivakasi. Asian ESP Journal, 17(3), 90–107.

Zein, Subhan. Dkk (2020). English Language Education in Indonesia: A review of research (2011–2019). Language Teaching. 1-33. Doi:10.1017/S0261444820000208.

Zuzana, Hrdličková, (2021). Improving Students Language Skills in Bussines English Course: Experimental Studies. Advance Education. Vol 17. Doi: 10.20535/2410-8286.226493.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v2i2.6155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Imamul Khaira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License