PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBERIAN MARGA DALAM ADAT SUKU BATAK TOBA DI DESA LIANG JERING KECAMATAN TANAH PINEM KABUPATEN DAIRI

Sahnny Marbun, Atmawarni Atmawarni, Sapta Kesuma

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Liang Jering Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pemberian marga dalam perkwinan adat suku batak toba. Penelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala desa, ketua adat, dan masyarakat yang berkaitan. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara secara langsung untuk menggali data melalui kepala desa, ketua adat, dan masyarakat bersangkitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pemberian marga dalam perkawinan adat suku batak toba di Desa Liang Jering Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi yaitu pemberiar marga dalam perkawinan adat sangat penting dan harus dilakukan. Apabila terdapat perkawinan beda suku maka wanita yang bukan batak terlebih dahulu dimasukkan menjadi warga batak toba dengan cara diberi marga. Setelah diberi marga maka sah menjadi warga batak toba serta memiliki hak dan kewajiban dalam adta batak toba sesuai dengan filsafah Dalihan Natolu. Kesulitan yang dihadapi dalam pemberian marga yaitu kurangya pengetahuan dan pengalaman masyarakat, membutuhkan biaya yang sangat banyak, perbedaan suku, dan komunikasi (perbedaan bahasa daerah).

Keywords


Persepsi; Pemberian Marga; Perkawinan Adat; Suku Batak Toba

Full Text:

PDF

References


Abdillah, MB dkk.( 2020). Persepsi Masyarakat Trehadap Bank Syariah. Medan: Puspantara Gustiawan, IMP. 2016. Fenomena Perkawinan Sejenis Di Indonesia Dari Perspektif Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia. Skripsi(S1) Thesis, Fakultas HukumUnpas.http://repository.unpas.

A.F. Situmorang,.(2017). Proses Pemberian Margakepada Orang Non Batak (Sideban) Pada Masyarakat Adat Batak Toba Di Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Hukum Unial.

Hilman Hadikusuma. (2007). Hukum Perkawinan Indonesia menurut Perundangan, Hukum Adat, Hukum Agama. Bandung: Mandar Maju.

E dan Pasaribu, B. (Eds). (2009). Upacara Perkawinan Adat Batak Dengan Pemberian Marga. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Indriyo Gitosudarmo dan I Nyoman Sudita. (2000). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE.

I Gede A. B. Wiranata. (2005). Hukum Adat Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Laksanto Utomo.( 2016). Hukum Adat. Jakarta: Rajawali Pers.

Lumbanbatu, H.( 2019). Peran Dalihan Na Tolu dalam Menyelesaikan Permasalahan kekerasan rumah tangga (KDRT) Di Kabupaten Humbanh Hasundutan. Dalam Jurnal JOP FISIP. Vol. 6: Edisi II. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMF SIP/article/download/26377/25504 di akses pada tanggal 29 Juli 2021

Miftah. Thoha. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada. .

Mindadani, RL. (2019). Persepsi Suporter Sriwijayan Fc Palembang Terhadap Berita Kematian Suporter Persija Jakarat. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Patah. RADEN. http://eprints.radenfatah.ac.id/

Rahim, N. (2019). Persepsi Masyarakat Desa Sungai Jalau Terhadap Badan Amil Nasional (BARNAS) Di Kabupaten Kampar. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SUSKA RIAU.

Suharnan, MS. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Penerbit Srikandi.

Sianturi, E. 2016. Persepsi Masyarakat Batak Toba Tentang Pernikahan Mangain (Mengangkat) Marga Dalam Pernikahan Adat Batak Toba Di Mesuji. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unila.

Sinaga, Agnes Herlina dkk. (2021). Makna tradisi magain sebelum acara pernikahan pada masyarakat batak toba di batusangkar kabupaten tanah datar. Jurnal Pendidikan Tambusai.Vol. 5 No. 3.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i1.6178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sahnny Marbun, Atmawarni Atmawarni, Sapta Kesuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License