UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PLURALISME SISWA SMK N 2 PANYABUNGAN

Ulung Napitu, Edi Dardi, Lidya Tobing, Ade Mey Lisca Nasution

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  yaitu;  1).  Peran  kepala sekolah dalam implementasi nilai pendidikan multikultural di sekolah, 2). Peran guru dalam mengimplementasikan nilai pendidikan multikultural di sekolah, 3). Pentingnya pendidikan multikultural bagi peserta didik di SMK N 2 Panyabungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa.  Analisis data yang digunakan  yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ferivikasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi hingga triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi nilai pendidikan multikultural dapat dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler disekolah dapat dilakukan dengan penguatan materi tentang keberagaman yaitu tentang beragam suku, budaya, agama dan adat  istiadat.  Sementara  dalam  kegiatan  ekstrakurikuler  dapat  dilakukan  dengan kegiatan kemah kebudyaan, karnaval pakaian adat istiadat tiap-tiap daerh yang ada di indonesia dan pendalaman mengenai Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila

Keywords


Nilai-Nilai Multikultural; Sikap Pluralisme

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Baldah, Wardatul. Sumarna, Cecep dan Yuniarto, Bambang. 2016. Pengaruh Penanaman Nilai-nilai multikultural Terhadap Pembentukan Sikap Pluralis Siswa di MTS Negeri Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksotis, 1 (1).

Budianta, M. (2003). “Multikulturalisme dan pendidikan multikultural: Gambaran Umum”. Tsaqafah Vol 1, No. 2 P: 8-16.

Ibrahim, Rastam., (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN. Media Dialetika Ilmu Islam. Doi: http://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573.

Nur Anggraini, Syifa. Dkk., (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme. Jurnal Jendela Pendidikan . Volume 02 No 01. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP

Sipuan dkk., (2022). Pendekatan Pendidikan Mutltikultural. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Volume 08 (2). Doi: prefix 10.37905.

Susilawati, Evi., (2020). Efek Pemberian Penyuluhan Pencegahan Perundungan Secara Daring Terhadap Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Amal Pendidikan. Volume 1. No.2. Doi: 10.36709/japend.

Susilawati, Evi. & Khaira Imamul., (2021). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Merancang Rencana Pembelajaran Berbasis TPACK Sebagai Integrasi Pembelajaran Di Era Spociety 5.0. Proceeding. Seminar Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2021 "Respons Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen.

Zamathoriq, Defan., (2021). Implementasi Pendidikan Multilateral Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mandala Education.7(4). Doi:10.36312/jime.v7i4.2396




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i1.6180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ulung Napitu, Edi Dardi, Lidya Tobing, Ade Mey Lisca Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License