MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI SISWA SMK AL WASHLIYAH PASAR SENEN 2 KAMPUNG BARU MEDAN

Atmawarni Atmawarni, Sapta Kesuma, Thalita Fadilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran E-Learning dan mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di sekolah SMK Al Washliyah Pasar Senen 2 Kampung Baru Medan. pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran E-Learning dan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran ini berpengaruh bagi siswa. Hal ini berdasarkan dilakukannya tes berupa angket atau kuesioner dengan presentase 76,0%. yang menunjukan Model pembelajaran E-Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa. Sehingga, hipotesis utama pada pengujian ini diterima, yaitu ada pengaruh positif pada model pembelajaran E-Learning terhadap prestasi siswa pada siswa SMK Al Washliyah Pasar Senen 2 Kampung Baru Medan. Sehingga, semakin tinggi model pembelajaran e-learning semakin tinggi juga tingkat prestasi siswa

Keywords


Model Pembelajaran E-Learning; Prestasi Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fuad Ihsan. (2005). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hakim, Thursan.( 2005). Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara

Hanum, Numiek Sulistyo. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran elearning smk telkom sandhy putra purwokerto). http://download. portalgaruda.org/article.php?article=1380 33&val=438.

Hanum, Numiek Sulistyo.( 2013). Keefektifan ELearning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran ELearning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 No. 1.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Madi.(2012). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Intensitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

. Marc. J. (2001). E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies

Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada

Solihatin, Etin. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trianto.(2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Trianto.(2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya Jurnal Pendidikan Tambusai.Vol. 5 No. 3.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i1.6181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Atmawarni Atmawarni, Sapta Kesuma, Thalita Fadilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License