PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN NILAI MORAL

Tampilen Tampilen, Yusi Maulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar PPKn berupa modul berbantuan Video Canva pada materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Dua Koto Kabupaten Pasaman Sumatera Barat . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap, Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian merupakan sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara yang dilakukan di lapangan serta kritik, saran, dan masukan yang diberikan validator, guru dan siswa melalui penyebaran angket. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil data penilaian validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen data yaitu dengan uji validitas oleh ahli materi dan ahli desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh hasil dengan memenuhi kriteria layak. Penilaian tingkat kevalidan modul oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan 94% dengan kualifikasi “sangat valid” kemudian dengan ahli desain dengan rata-rata keseluruhan 96% dengan kualifikasi sangat valid. Penelitian tingkat kelayakan oleh guru diperoleh rata-rata 94% dan siswa memberikan respon baik dan positif dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93%., sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan ajar PPKn materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto yang berbentuk modul berbantuan aplikasi Video Canva sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.


Keywords


Pengembangan Bahan Ajar; Keluarga; Nilai Moral Pada Anak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aswan Zain. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Endang, Mulyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fitriani, F. 2020. Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. (Volume 4 Nomor 1): 16- 25.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i2.6976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tampilen Tampilen, Yusi Maulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License