ANALISIS KEBUTUHAN MODEL PENILAIAN AUTOMATED SHORT ESSAY SCORING (ASES) PADA PROGRAM STUDI PPKN UISU

Evi Susilawati, Sapta Kesuma, Zuraidah Adlina

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya dilakukan analisis kebutuhan pada pengembangan model penilaian terknologi digital Automated Short Essay Scoring (ASES) pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kebutuhan terkait dengan pengeambangan model penilian ASES pada program studi PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah model research and development oleh Borg and Gall yang fokus pada 2 tahapan awal, yaitu analisis kebutuhan pengeambangan model penilian ASES pada program studi PPKn dan desain produk awal berdasarkan observasi awal dan focus grup discussion. Hasil analisis kebutuhan penelitian pengembangan desain penilian berbasis digital Automated Short Essay Scoring (ASES) akan membantu dosen Prodi PPKn dalam melakukan penilaian secara mudah, akurat, dan mampu mendeteksi plagiarisme sehingga dapat mengukur karakter kejujuran mahasiswa. Automated Short Essay Scoring (ASES) juga dapat mengukur karakter mahasiswa serta menjadi salah satu perangkat pendukung bagi terlaksananya Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) di UISU.


Keywords


Analisis Kebutuhan; Model Penilaian ASES

Full Text:

PDF

References


Bulut O, Cutumisu M, Aquilina AM and Singh D (2019) Effects of Digital Score Reporting and Feedback on Students' Learning in Higher Education. Front. Educ. 4:65. doi: 10.3389/feduc.2019.00065

Dikli. S. (2006). Automated Essay Scoring. Turkey Online J. Distance Educ. Vol. 7, No. 1, 49–62. doi: 10.4018/978-1-60566-120-9.ch048.

Ke, Z. dan Ng, V. (2019) Automated essay scoring: A survey of the state of the art. IJCAI Int. Jt. Conf. Artif. Intell. Vol. 2019, 6300–6308. doi: 10.24963/ijcai.2019/879.

Pribadi, F. S., Utomo, A. B., dan Mulwinda, A. (2018). Automated short essay scoring system using normalized Simpson methods. AIP Conf. Proc. Vol. 1941. doi: 10.1063/1.5028081.

Uysal, İ., dan Doğan, N. (2021). Automated Essay Scoring Effect on Test Equating Errors in Mixed-format Test. Int. J. Assess. Tools Educ. Vol. 8, No. 2, 222–238. doi: 10.21449/ijate.815961.

Wijayanti, R.W., Riyanto, Y., & Subroto, W.T. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Digital untuk Mengukur Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.4, No. 1, 127-136.

Wulandari, D. (2021) Program bantuan kerja sama kurikulum dan implementasi merdeka belajar-kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v4i1.8120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Evi Susilawati, Sapta Kesuma, Zuraidah Adlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License