Menonton Anime Attack on Titan Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMA Kelas 2 SMA Swasta Eria Medan

Reyhan Asyraf Zarfitra

Abstract


Pengaruh tayangan media sosial bisa menjadi penghasut yang mengubah perilaku seseorang. Begitu pula dengan tayangan Anime di media sosial. Budaya dan perilaku yang ditampilkan lewat tayangan Anime terlihat menarik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi para penggemarnya yang memiliki julukan otaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh Anime dan perubahan perilaku korelasional tentang menonton anime Attack on Titan dan media sosial terhadap anak SMA Kelas 2 SMA Swasta Eria Medan. Serta ingin mengetahui bagaimana perubahan perilaku siswa kelas 2 SMA. Peneltian ini pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Sampel diambil secara keseluruhan atau sampel jenuh, yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 40 responden atau seluruh siswa kelas 2 SMA.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Uses and Effect” yang dikemukakan oleh Sven Windahl. Teori ini beramsumsi bahwa karakteristik individu, harapan dan persepsi terhadap media, dan tingkat akses kepada media, akan membawa individu kepada keputusan untuk menggunakan atau tidak menggunakan isi media. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terpaan anime di media sosial memiliki pengaruh tinggi terhadap perilaku seorang anak SMA kelas 2 SMA Swasta Eria Medan.


Full Text:

PDF

References


Ajidarma, Seno Gumira.2005. “Kejepangan” Dalam Image Jepang Dimata Orang Indonesia, Jakarta. The Japan Foundation.

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Efendi, Sofian. 2014. Metode Penelitian Survey. Jakarta. Penerbit LP3ES.

Fajar, Marheni.2009. Ilmu Komunikasi: Teori & Praktik. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Lexy J. Moleong, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Moore, Frazier. 2004. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran,Terjemah: Benyamin

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutrisna Dewi. 2007. Komunikasi Bisnis. Denpasar : Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : ANDI. Adobe Premier Pro CS4 untuk Pemula.Yogyakarta: Penerbit Andi. Penulis Madcoms.

Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Sihabudin, Ahmad.2011. Komunikasi Antarbudaya. Jakarta. PT Bumi Aksara

Werner J.Severin. James W. Tankard, Jr, 2007. Teori Komunikasi Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.