STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH DI KAMPUNG CIBUNUT BERWARNA KOTA BANDUNG

Azmi Herdiyanti Mustikawati, Dhini Ardianti, Vera Hermawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan kampung Cibunut Berwarna Kota Bandung dalam penanganan sampah., dalam hal ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan seleksi dan penggunaan media yang dilakukan kampung cibunut dalam penanganan sampah. Cibunut Berwarna dikenal sebagai kampung perkotaan yang menjadi Kawasan percontohan Bebas Sampah di Kota Bandung dengan mengusung konsep Kampung Berwarna yang disimbolkan melalui mural tentang pesan-pesan lingkungan dan tematik lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh gambaran bahwa dalam kegiatan strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan di kampung cibunut yaitu dengan memahami karakteristik masyarakat, adanya peran fasilitator atau pegiat lingkungan, adanya mural atau gambar mengenai kegiatan penanganan sampah, adanya unsur persuasif dan edukatif untuk mengajak masyarakat melalui “door to door education”, senam pagi, dan adanya media tatap muka serta media  informasi dan komunikasi melalui whatsapps grup sebagai wadah informasi dan juga publikasi pemberitaan yang masif di media massa online tentang metamorfosis perubahan dari kawasan Kumuh menjadi kampung kreatif sebagai kawasan edukasi lingkungan yang konsisten menjalankan pemilahan dan penanganan sampah di kampung  Cibunut Berwarna Kota Bandung.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. (1994). Strategi Komunikasi, Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung: CV. Armico.

Effendy, Onong Uchjana. 2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Pt. Remaja Sordakarya

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Lexy, J. M. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Littlejohn, S., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. Thousand Oak, California: SAGE Publications, Inc.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.

Hovland, C. L. (2007). Definisi komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Hafied, C. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Revisi).

Rakhmat, J. (2001). Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Rakhmat, J. (1999). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprapto, T. (2009). Pengantar teori & manajemen komunikasi. Media Pressindo.

http://ppid.kemkes.go.id, diakses pada 2 oktober 2021

https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01330530/kampung-cibunut-bandung-berbagi-pengalaman-cara-menata-lingkungan-penghargaan-berdatangan, diakses pada 7 oktober 2021

https://www.bandung.go.id/news/read/5221/kang-pisman-gerakan-untuk-mengubah-peradaban

https://jdih.bandung.go.id/home/produk-hukum/daerah/3789/detail. diakses pada 1 November 2021

Wardiani, W., & Ardianti, D. (2018). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Bandung Dalam Menanggulangi Sampah Styrofoam. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 1(1).

Chandrabuwono, A. B., & Atika, A. (2019). Komunikasi Lingkungan Masyarakat Sungai Tabuk Dalam Menjaga Kebersihan Sungai. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 210-220.

Geraldine, A., Azhar, M. A., & Noak, P. A. Strategi Gerakan Sosial Baru Dalam Kampanye Pengurangan Sampah Plastik Di Bali.

Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.