OPINI MAHASISWA TENTANG TAYANGAN PODCAST

Suprapti Indah Putri, Austin E.A Tumengkol

Abstract


Penelitian ini berjudul Opini Mahasiswa Tentang Tayangan Podcast (Studi Deskriptif Kuantitatif Opini Mahasiswa Tentang Tayangan Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit di program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara). Latar belakang penelitian ini melihat perkembangan Podcast yang membahas hal yang tidak menjadi trending topic menjadi hal yang menarik. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Mayoritas responden dalam penelitian ini menyatakan bahwa setelah menonton Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit menambah pengetahuan bertahan hidup di hutan dengan persentase sebesar 85.9% atau sebanyak 73 orang responden. Selain itu mayoritas responden juga mengatakan bahwa setelah menonton tayangan Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit mereka mengetahui bagaiamana cara menghadapi binatang buas yang dijumpai di hutan, dengan persentase 82.4% atau sebanyak 70 orang responden. Mayoritas responden juga menyatakan bahwa tayangan Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit tidak memiliki dampak buruk bagi yang menontonnya dengan persentase sebesar 83.5% atau sebanyak 71 orang responden. Kesimpulannya, tayangan Podcast Deddy Corbuzier sangat baik dan layak untuk ditonton karena selain menghibur, tayangan Podcast tersebut mengajarkan kita banyak hal dari mulai pentingnya pendidikan diamanapun kita berada, bertahan hidup di hutan dan mengajarkan kita agar lebih peduli pada lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. 2012. Komunikasi Massa. Simbiosa Rekatama Media, Bandung

Bungin, B. 2008. Metodologi Penulisan Kualitatif. Kendana Pemuda Media Group, Jakarta

Effendy, O,U. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Hartaji, D, A. 2012. Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Jakarta

Kencana, W. H. 2020. Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 4 (2), 191-207

Nasrullah, R. 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cetakan Kedua. Simbiosa Rekatama Media, Bandung

Ngangi, C, R. 2018. Pemahaman Teoritik Teori Konstruksi Sosial. ASE – Volume 7 Nomor 2, Mei 2011: 1 - 4, 12, Nomor2, 1–25

Nugrahani. 2018. Metode Penulisan Kualitatif Dalam Penulisan Pendidikan Bahasa. In https://library.stiba.ac.id/ (Vol. 1, Issue 1). http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.orgRukajat, A. 2018. Pendekatan Penulisan Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish, Yogyakarta

Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari, Banjarmasin

Satori, Aan Komariah, Djam’an. 2017. Metodologi Penulisan Kualitatif. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2018. Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Alfabeta, Bandung

Watson, S. 2019. How Podcasting Works. Howstuffworks. https://computer.howstuffworks.com/internet/basics/Podcasting1.htm

Zellatifanny, C. M. 2020. Tren Diseminasi Konten Audio On Demand Melalui Podcast: Sebuah Peluang Dan Tantangan Di Indonesia. Jurnal Pekkomas, 5(2), pp. 117-132. 10.30818/jpkm.2020.2050202




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.