EKSISTENTENSI MEDIA CETAK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA ONLINE (STUDI PADA HARIAN WASPADA MEDAN)

Zakaria Siregar, Fitri Yanti Siregar

Abstract


Berbagai macam bentuk media baru, termasuk Media Online serta ketatnya persaingan antar media  membuat eksistensi media cetak Harian Waspada Medan ini mengalami penurunan. Sehingga perlu diadakannya langkah-langkah yang tepat oleh Media Cetak Harian Waspada Medan untuk bisa tetap eksis ditengah-tengah masyarakat khususnya Kota Medan. Karena saat ini hampir diseluruh lapisan masyarakat yang ada di kota medan sudah mulai banyak yang beralih ke Media Online untuk mengakses kebutuhan akan informasi. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui eksistensi media cetak dalam menghadapi persaingan dengan media online (Studi harian Waspada) yang dilakukan di kantor harian Waspada medan Jl.Brigjen Katamso No.I/Ledjen suprapto. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa Harian Waspada memiliki strategi secara umum dan khusus, secara umum adalah strategi yang wajib dan umum dipakai oleh seluruh tim redaksi media cetak Harian Waspada, sedangkan secara khusus adalah strategi yang dibentuk atau dibuat olen tim redaksi media cetak harian Waspada medan dan hanya di miliki oleh tim redaksi media cetak harian Waspada medan. Adanya perkembangan media online ditengah-tengah media cetak tidak terlalu mempengaruhi eksistensi media cetak untuk tetap terbit dan menjadi bacaan masyarakat kota medan. Terbukti dari hasi wawancara penulis, menekankan bahwa media cetak masih tetap dihargai dan diminati oleh masyarakat, meskipun media online mengalami perkembangan yang pesat dengan fitur dan aplikasi-aplikasi canggih serta tidak dipungkiri bahwa masyarakat juga menyukai membaca berita media online. Tetapi masih ada segelintir masyarakat yang ragu dengan berita yang sering diceritakan media online. Masih banyak yang mempercayai media cetak sebagai pemberi informasi yang bersifat berita secara real dan nyata. Masyarakat masih berasumsi bahwa berita yang diberikan oleh media cetak tidak hoax dikarenakan jelas terbitnya. Adanya kesesuaian antara judul dengan isi beritanya serta media cetak dapat didokumentasi.


Full Text:

PDF

References


Abubakar, Rifai. 2021. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta

Abidin, zaenal. 2007. Analisa eksistensial. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1 Jakarta: Erlangga

Butsi, F. I. (2019). Mengenal Analisis Framing: Sejarah dan Metodologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2), 52-58. Canggara, Hafied. (2015). Pengantar Thou Komunikasi. Edisi kedua. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Onong. U,E.2011. Ilmu komunikasi teori dan prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Emzir.2012. metodologi penelitian kualitatif analisis data, jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fikri, M AR.2018. Sejarah Media: Transformasi, Pemanfaatan dan Tantangan. UB Press Malang.

Herdiansyah, haris. 2015. Wawancara, observasi, dan fokus groups sebagai instrumen penggalian data kualitatif. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Tumengkol, A. E. A., Putri, S. I., & Syahputra, F. (2021). KOMPETENSI WARTAWAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME DI WASPADA ONLINE. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 4(1), 45-52.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.