EFEKTIFITAS FECEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIMSUM PUTRA SEBAGAI PRODUK UKM DI KECAMATAN DELITUA KABUPATEN DELI SERDAN

Ridwan Nasution, Indri Audrelia Saskia

Abstract


Salah satu kemajuan teknologi saat ini yakni Facebook, banyaknya media-media sosial yang berkembang dari hari ke hari membuat facebook terus mengupgrade fitur-fitur baru yang dimana fitur-fitur tersebut lebih memfokuskan untuk membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk produk secara praktis. UKM Dimsum Putra merupakan usaha dimsum yang cukup sukses karena mempunyai cukup banyak resseler di beberapa kota khususnya di Sumatera dan memiliki 8 karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas facebook dalam meningkatkan penjualan dimsum putra sebagai produk UKM di Kecamatan Delitua Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan efektivitas facebook dalam meningkatkan penjualan Dimsum Putra sebagai produk UKM. Penentuan lokasi peneltian yaitu Dimsum Putra di Kecamatan Delitua Kabupaten Deli serdang. Waktu penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu bulan. Infroman dalam penelitian ini adalah pemilik Dimsum Putra. Dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti ternyata promosi yang dilakukan facebook dalam meningkatkan penjualan produk Dimsum Putra belum sepenuhnya efektiv, hanya sampai sebatas penasaran namun belum sampai melakukan pembelian atau tindakan. Dari beberapa pesan yang masuk melalui masseger atau whatsapp calon konsumen hanya menanyakan ketersedian produk dan harga produk. Calon konsumen hanya sekedar ingin tahun harga dan setelah di respon mereka tidak mendapatkan respon kembali.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Rifa’i. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Suka Press

Banjarnahor Rumondang Astri,dkk. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis

Firmansyah, Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jawa timur: Cv Penerbit Qiara Media

Hikmah ,Agni, dkk. .(2020). Bisnis UKM Ditengah Pandemi. Surabaya : UP UNITOMO PRESS

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu

Istanto,Yuni, dkk. (2020). Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Usaha Kecil. Yogyakarta: Zahir Publishing

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta

Purbo W Onno. (2009). Teknologi Informasi Komunikasi. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan.

(Samsu). 2017. Metode Penelitian dan Aplikasi Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Mix Methods serta Research Development. Jambi : Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan.

Saleh,Sirajuddin. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung : Pustaka Ramadhan.

Sidiq, Umar,dkk. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan Ponorogo: Cv Nata Karya.

Soyomukti, Nurani. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sulastri, Lilis. (2016). Manajemen Kecil Menengah. Bandung: LGM- LaGood’s Publishing.

Sumardi, Eka. (2018). Social Media Marketing. Mataram: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Cv.k.

Wibawa, Darajat. (2020). Jurnalisme Warga. Bandung: Cv Mimbar Pustaka.

Widyastuti Sri. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Selatan: FEB-U press.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.