ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG PROGRAM 100 HARI KINERJA WALI KOTA MEDAN DI MEDIA ONLINE

Febry ichwan butsi, Mei Andriani Hutabarat

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini kita dihadapkan dengan banyaknya pemberitaan yang diperoleh dari media daring (online). Dalam hal kinerja 100 hari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Medan, di mana momen ini merupakan agenda penting yang tidak boleh terlewatkan untuk diberitakan oleh media yang dimana ikut dalam memberitakan pemberitaan 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Hal ini sangat membahayakan karena bila informasi hanya dikuasai oleh sekelompok orang yang memiliki kepentingan, hal ini akan berdampak pada penggiringan opini. Analisis framing akan menyebabkan  pergeseran pemahaman pembaca terhadap berita karena persepsi rakyat bisa diubah setelah mengonsumsi berita berdasarkan sebuah berita. Media online disini berupaya membentuk opini public bagi kehendak media tersebut, Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pembingkaian media terhadap kinerja 100 hari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dari kedua media online ini, diambil masing-masing 3(tiga) berita yang akan diteliti. Metode analisis ini ditinjau dari 4(empat) struktur framing : struktur sintaksi, skrip, tematik, dan retoris. Temuan penelitian menunjukkan bahwa konstruksi berita yang dilakukan oleh Waspada.co.id lebih banyak membuat kritikan terhadap program kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Konstruksi yang dibuat oleh HarianSIB.com justru lebih mendukung kebijakan yang dilakukan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Perbedaan yang menonjol dalam kedua media tersebut terdapat pada unsur skrip.


Full Text:

PDF

References


Alex Sobur, M. (2015). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Butsi, F. I. (2019). Mengenal Analisis Framing: Sejarah Dan Metodologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2), 52–58.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. LKiS Yogyakarta.

Fauzi, A. C. (2021). Kabar-kabar kekerasan dari Bali. LKiS Yogyakarta.

Handariastuti, R., Achmad, Z. A., & Bramayudha, A. (2020). Analisis Framing Berita Pemberhentian PSBB Surabaya Raya di Media Online Kompas. com dan Suarasurabaya. net. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 156–176.

Hikmat, H. M. M. (2018). Jurnalistik: literary journalism. Kencana.

Junaedi, F. (2014). Jurnalisme penyiaran dan reportase televisi. Kencana.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Teori komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Mustika, R. (2017). Analisis framing pemberitaan media online mengenai kasus pedofilia di akun facebook. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2).

Nasution, R., & Fadilla, R. (2019). Analisis Framing Tentang Pemberitaan Hoax Ratna Sarumpaet di Kompas. com dan Republika Online Rentang Waktu 02 Hingga 05 Oktober 2018. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2), 71–76.

Nimmo, D., & Rakhmat, J. (2000). Komunikasi politik: khalayak dan efek. PT Remaja Rosdakarya.

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia.

Saragih, M. Y. R. (2020). Dakwah Via Jurnalistik Radio. An Nadwah, 25(1), 64–74.

Sinaga, K. C. S., & Nasution, B. (2016). Analisis Framing Pemberitaan Bom Sarinah di Kompas. com dan Merdeka. com. Riau University.

Suf, K. (2010). Pers dan Pencitraan Umat Islam Di Indonesia. Balai Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI: Desember.

Suhaimah. (2019). Analisis Framing Tribunnews.com Terhadap Berita Penangkapan Vanessa Angel Dalam Prostitusi Online Tahun 2019. Riau University.

Syaefudin, M., & Humardhiana, A. (2020). PEMBERITAAN VIRUS CORONA DI TV ONE DAN KOMPAS TV (Analisis FramingZhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki). ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(1), 87–104.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.